HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI HOMESCHOOLING SEKOLAH DOLAN KOTA MALANG

Evi Fitriana,, Sugeng Utaya, Budijanto Budijanto

Abstract


The aim of this research is to know the relationship between student perception on learning and the learning achievement of Geography subject in Homeschooling Sekolah Dolan Malang City. This research used quantitative description method, with correlation analysis. Perception data collection using a questionnaire based on the Likert scale. Learning achievement data was collected from report achievement on 1st semester. Based on the data analysis, showed that the relations between student perception and the learning achievement of Geography are significant. Learning process has moderate correlation with learning achievement. The learning process is one of the external factors that have contributed in determining learning achievement, so that expected there are other factors that affect learning achievement.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar geografi siswa homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis korelasi product moment untuk menganalisis hubungan antar variabel penelitian. Pengumpulan data persepsi tentang pembelajaran menggunakan angket yang penilaiannnya berpedoman pada skala likert. Data hasil belajar dikumpulkan dari nilai rapor semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara persepsi tentang proses pembelajaran dan hasil belajar geografi di homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Proses pembelajaran memiliki korelasi sedang dengan hasil belajar. Proses pembelajaran merupakan salah satu faktor eksternal yang mempunyai kontribusi dalam menentukan hasil belajar, sehingga diduga terdapat faktor-faktor lain yang memengaruhi hasil belajar.


Keywords


perception; learning process; learning achievement; persepsi; proses pembelajaran; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adilistiono. 2010. Homeschooling sebagai Alternatif Pendidikan. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora, Volume 10

Nomor 1. (CD-ROM: Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora-Digital, 2010)

Amaliyah Ayu, Widayat Iwan. 2015. Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Tutor dengan School Engagement pada

Siswa Usia Remaja Awal yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring. Jurnal Psikologi Pendidikan dan

Perkembangan Vol. 04 No. 02 Agustus 2015

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Barwegwn, Nancy, dkk. 2009. Academic Achievement of Homeschool and Public School Students and Student Perception of

Parent Involvemet. The School Community Journal.

Dahar, R.W., 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Demianti. 2009. The Relationship between Student’s Perception on the E-learning and the Learning Achievement of

Geography Subject. Abstract. (online) (http:www.scribd.com/doc/jurnal)

Effendi. 2015. Hubungan Persepsi Siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya dengan

Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. Metro: Universitas Muhamadiyah Metro

Fatahar Al, dkk. 2014. Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Metode Kerja Kelompok dengan Prestasi Belajar

Geografi Kelas X di SMA Negeri 2 Gorontalo. Gorontalo: Jurnal FMIPA UNG

Gani, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi tentang Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar

Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, Volume 3 No.3

November 2015.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jaya, M. I. 2013. Hubungan Antara Minat Belajar dan Persepsi Cara Mengajar Guru terhadap Hasil

Kognitif Belajar Fisika Siswa SMA. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Abstrak

Jones, Paul and Gene Gloeckner. 2004. A Study of Home School Graduates and Traditional School Graduates. The

Journal of College Admission. (online)

Linawati, S. L. 2013. Persepsi Siswa SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Terhadap Pembelajaran

Bahasa Arab. Jurnal online (thesis.umy.ac.id/datapublik/t36830)

Pareek, U. 1996. Perilaku Organisasi. Cet. 3. Jakarta: PT Ikrar Mandiri.

Pramuningdita, E. 2010. Hubungan Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Ekonomi di SMAN

Kota Tangerang Selatan. UIN Jakarta. Abstrak (online: http://tulis.uinjkt.ac.id/)

Simbolon, P. SS. 2007. Homeschooling: Sebuah Pendidikan Alternative. (online) (http://

pormadi.wordpress.com/2007/11/12/homeschooling) diakses 29 Oktober 2015

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumardiono. 2007. Homeschooling. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sumardiono. 2007. Homeschooling: A Leap for Better Learning: Lompatan Cara Belajar. Jakarta: PT. Elex

Media Komputindo.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarmidi dan Lita Wulandari. 2010. Prestasi Belajar ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Iklim Kelas pada

Siswa yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Jurnal Online (http://www.scribd

Com/doc/32233139/jurnal) diakses 3 April 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License