BENTUK POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM KEDISIPLINAN SISWA SD

Jihan Filisyamala, Hariyono Hariyono, M. Ramli

Abstract


Parenting is the treatment of parents in order to meet the needs and educate the child in daily life. In a family, parents presence is of great significance for the development of a child's personality, because the family is the first and most important environment which will give effect to some aspects of child development, including discipline of the. The students discipline is to give an understanding of what is good and bad. This article will describe democratic parenting the discipline of elementary students.

Pola asuh adalah perlakuan orangtua dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mendidik anak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah keluarga, kehadiran orangtua sangatlah besar artinya bagi perkembangan kepribadian seorang anak, karena keluarga merupakan lingkungan pertama dan paling utama yang nantinya akan memberikan pengaruh terhadap beberapa aspek perkembangan anak, termasuk kedisiplinan siswa. Kedisiplinan pada siswa adalah memberikan pengertian akan mana yang baik dan yang buruk. Pada artikel ini akan mendeskripsikan bentuk pola asuh demokratis dalam kedisiplinan siswa SD.


Keywords


democratic parenting; discipline; and elementary schools; pola asuh demokratis; disiplin; dan sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ashley, L.D. 2012. Research Methods and Methodologies in Education: Case study research. New Delhi: SAGE Publication India Pvt Ltd.

Arisana, A.L., & Ismani. 2012. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, (Online), 10 (2): 22—42, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/911), diakses 29 Mei 2016.

Basri, M. L. 2013. Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus di Dusun Krajan 1 Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style On Adolescent Competence and Substance Use. Journal of Early Adolescence. 11 (1), 56—95.

Harwell, M. 2011. The SAGE Handbook for Research in Education: Research Design in Qualitative/Quantitative/Mixed Methods. United States of America: SAGE Publications Inc.

Jannah, H. 2012. Bentuk Pola Asuh Orangtua dalam Menanamkan Perilaku Moral pada Anak Usia di Kecamatan Ampek Angkek. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, (Online), 1 (2): 1-10, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1623), diakses 29 Mei 2016.

Kopko, K. (2007). Parenting Styles and Adolescents. Cornell University offers equal program and employment opportunities.

Marshall, C & Rossman, G.B. 2008. Designing Qualitative Research. Fourth Edition. London: SAGE Publication Ltd.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. 2014. Peran Orangtua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, (Online), 1 (2): 187—198, (journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2688), diakses 13 Mei 2016.

Shochib, M. 2010. Pola Asuh Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurcahyani, S. A. 2013. Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Karakter Sehat Anak Usia Dini di Sekolah Alam PAUD Mekar Bangsa Ngadirejo Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License