MENINGKATKAN TECHNICAL SKILL SISWA SMK TEKNIK BANGUNAN MELALUI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

Blima Oktaviastuti, Ahmad Dardiri, Nindyawati Nindyawati

Abstract


This paper aims to expose the study of: (1) technical skill; (2) the working practices of the industry (Prakerin); and (3) technical skill on implementation prakerin. Conclusions it can be concluded that, the real form of Prakerin is the implementation of the system of education in SMK is Double System Education (PSG). The program was drawn up jointly between prakerin school and industrial world in order to meet the needs of students. The party was active in the activities of prakerin include: (1) the implementing party as students practice; and (2) the industrial world and the teacher as the party that train students. The existence of activities expected prakerin can give students experience before entering the world of work. Through the activities, indirectly prakerin students have gained technical skill required as a provision for entering the workforce. Given the current state of infrastructure development is preferred, the demand for construction workers is the main one. Graduates of Vocational School building techniques is expected to have the technical skill to be able to compete with the foreign worker entering the era of the MEA as of now.

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan kajian tentang: (1) technical skill; (2) Praktik Kerja Industri (Prakerin); dan (3) technical skill pada pelaksanaan prakerin. Kesimpulan yang dapat disimpulkan bahwa, prakerin merupakan wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Program prakerin disusun bersama antara sekolah dan dunia industri dalam rangka memenuhi kebutuhan siswa. Pihak yang aktif dalam kegiatan prakerin, meliputi (1) siswa sebagai pihak pelaksana praktik; serta (2) dunia industri dan guru sebagai pihak yang melatih siswa. Adanya kegiatan prakerin diharapkan dapat memberi pengalaman siswa sebelum memasuki dunia kerja. Melalui kegiatan prakerin, secara tidak langsung siswa telah mendapatkan technical skill yang dibutuhkan sebagai bekal memasuki dunia kerja. Mengingat pembangunan infrastruktur negara saat sekarang lebih diutamakan, kebutuhan pekerja konstruksi menjadi hal yang utama. Lulusan SMK teknik bangunan diharapkan memiliki technical skill agar dapat bersaing dengan tenaga asing memasuki era MEA seperti sekarang.


Keywords


Technical Skill; work practice industry (Prakerin); Vocational School building techniques; praktik kerja industri (Prakerin); SMK Teknik Bangunan

Full Text:

PDF

References


BAPPENAS. 2005. Visi Dan Arah Pembangunan Jangka Panjang (PJP) Tahun 2005—2025. Republik Indonesia.

Bennett, T.M. 2006. Defining the Importance of Employability Skills in Career/Technical Education. Dissertation (unpublished). Auburn, Alabama: The Graduate Faculty of Auburn University.

Darwati. 2011. Profil Lulusan SMK Negeri 3 Banda Aceh bidang Busana dalam kegiatan Kewirausahaan. (Online). Laporan hasil Penelitian Unsyiah Banda Aceh.

Denton, R. 2003. Assesment: Assessing the Key Competencies in the Electronics and Information Technology Program at Torrens Valley TAFE. Adelade, Australia: National Centre for Vocational Education Research.

Deviani, I. 2012. Pengaruh Pengalaman Prakerin dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akutansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Fernando, Z.A., Inra, A., dan Yustisia, H. 2015. Kesiapan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dan Bangunan di Bidang Teknik Sipil. CIVED ISSN 2302-3341. 3(1): 584—590

Gurney, P. 2007. Five Factors for Effective Teaching. New Zeeland Journal of Teachers’ Work, 4 (2): 89—98.

Isnandar. 2014. Manajemen Penyelenggaraan, Revitalisasi Kurikulum, Intensitas Kerjasama, dan Kualitas Pembelajaran dalam Upaya Pencitraan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Jatim. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 323/U/1997 tentang Manfaat Prakerin.

Kusuma, F.I. 2010. Hubungan Kualifikasi Tempat Prakerin dan Intensitas Kinerja Siswa di Tempat Prakerin dengan Capaian Kompetensi Prakerin Siswa Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noer, F. 2014. Pemantapan Keterampilan Siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh Melalui Kegiatan Prakerin. Jurnal Disajikan dalam Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke-7, FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13—14 November.

Rosana, D. 2015. Tantangan Jasa Konstruksi Menghadapi MEA. (Online), (http://www.antarasumsel.com), diakses 21 Mei 2016.

Samsudi. 2014. Model Kemitraan SMK dengan Du/Di untuk Mengembangkan Kewirausahaan Lulusan. Jurnal disajikan dalam Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke-7, FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13—14 November.

Sarifah. 2015. Hubungan Kinerja Praktik Kerja Industri, Persepsi Dunia Kerja Konstruksi, dan Uji Kompetensi Kejuruan dengan Kesiapan Kerja di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Shyi-Huey Wu. 2005. Employability and Effective Learning Systems in Higher Education. Ninth Quality in Higher Education International Seminar in Collaboration with The Independent. Birmingham 27th—28th January.

Siman dan Darmawati. 2006. Manajemen Pendidikan Sistem Ganda dalam Peningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Forum Pendidikan, 3(2): 143—147.

Sudarmanto. 2014. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunardi, L. 2015. Begini Porsi Anggaran APBN 2016 unuk Kementerian. (Online), (http://www.solopos.com), diakses 21 Mei 2016.

Susanto, H. 2011. Hubungan Motivasi Belajar, Pengalaman Prakerin, dan Pengetahuan Teori Kejuruan Dengan Hasil Uji Kompetensi Kejuruan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Syarifah, N. 2013. Analisis Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Ditinjau dari Peningkatan Kompetensi Siswa: Studi Pada Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 6 Bandung. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Vaastra, R. and Vries, R.D. 2007. The Effect of the Learning Environment on Competences and Training for Workplace According to Graduates. Highher Education, 53 (1): 335—357.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License