HUBUNGAN DISIPLIN DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA

Faizatul Lutfia Yasmin, Anang Santoso, Sugeng Utaya

Abstract


This study aimed to learn discipline and responsibility, as well as how to discipline relations with the responsibilities of student learning. This type of research is descriptive correlation with a quantitative approach. Collecting data using a questionnaire with fourth grade students object Cluster III District of Ngimbang Lamongan. Data were analyzed using Pearson correlation analysis. The results of data analysis known to most students have the discipline and sense of responsibility of higher learning, correlation values obtained Perason rhitung of 0.823 with significance value = 0.000. rtabel with degrees of freedom (df = 90) for α = 0.05 value obtained 0.205. The next step to do a comparison, where the value is greater than rtabel rhitung (0.823> 0.205), and in addition the significant value gained less than α = 0.05 (0.000 <0.05) so that it can be concluded, and there is a relationship of discipline with responsibility learn.

Tujuan penelitian mengetahui kedisiplinan dan tanggung jawab belajar, serta bagaimana hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dengan objek siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi pearson. Hasil analisis data diketahui sebagian besar siswa memiliki disiplin dan rasa tanggung jawab belajar tinggi, uji korelasi Perasondidapatkan nilai rhitung sebesar 0,823 dengan nilai Signifikansi = 0,000. rtabel dengan derajat bebas (df=90) untuk α = 0,05 didapatkan nilai 0,205. Langkah selanjutnya dilakukan perbandingan, di mana nilai rhitung lebihbesar daripada rtabel  (0,823 > 0,205), dan selain itu nilai signifikansi yang diperoleh kurang dari α = 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkanserta terdapat hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar.


Keywords


discipline; responsibility learning; disiplin; tanggung jawab belajar

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fiana, Fani Julia., Daharnis., Ridha, Mursyid. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konselor. (Online). 2 (23): 26—33, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 17 April 2016 pukul 1.30 WIB.

Johar. P. N. 2010. Disiplin dan Perilaku Siswa. (Online). Tersedia:http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2113934-jenis-jenis-disiplin-menurut-hani/#ixzz1z0W5S4kg, diakses 14 April 2016.

Sonita, S. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Disiplin Siswa di Sekolah. Jurnal Profesi Konseling. (Online). 2 (1): 174—181, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor), diakses 16 April 2016.

Sudani, Ni Ketut., Suami, Ni Ketut., Setuti, Ni Made. 2013. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Permodelan untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. (Online). (http://ejournal.undiksha.ac.id/), diakses 16 April 2016.

Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Malang: Angkasa.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zuchdi, D & Ode, Sismono La. 2013. Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License