PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) TINGKAT MADYA

Sheilla Arumdyahsari, Widodo Hs, Gatut Susanto

Abstract


The purpose of this research is to develop BIPA’s teaching materials in intermediate level with reference ACTFL, integrative learning model, and communicative with design eligibility notice, presentation, content, language, and application. Data obtained from observation, interviews, and questionnaires. Data were analyzed using qualitative and quantitative techniques. The study states that the teaching materials developed worthy and ready to be implemented. There revisions on the book's cover, captions, sheets offerings, variations in grammar exercises, and language in the preface.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar BIPA tingkat madya dengan acuan ACTFL, model pembelajaran integratif, dan komunikatif dengan memerhatikan kelayakan kegrafikan, penyajian, isi, bahasa, dan penerapan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan siap diimplementasikan. Terdapat revisi pada sampul buku, keterangan gambar, lembar persembahan, variasi latihan tata bahasa, dan bahasa pada kata pengantar.


Keywords


materials development; BIPA’s material; and intermediate level; pengembangan bahan ajar; bahan ajar BIPA; dan tingkat madya

Full Text:

PDF

References


Badanbahasa.kemdikbud.go.id/ lamanbahasa/info_bipa, diakses 21 Oktober 2015.

Basari, A. 2008. Bahan Ajar Menulis untuk Pembelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Menengah. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Borg, W. & Gall, M. 1983. Educational Research; An Introduction. New York: Longman Inc.

Fariqoh, R. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pembelajar BIPA Tingkat Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mbulu, J. dan Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Elang Mas.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media

Sitepu, B. P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Susanto, G. 2007. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berdasarkan Kesalahan Bahasa Indonesia Pembelajar Asing. Jurnal Bahasa dan Seni Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Tahun 35 No. 2 Agustus 2007.

Susanto, G. 2008. Bahan Ajar Tingkat Pemula untuk Pebelajar Jepang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suyitno, I. 2007. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License