KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS PUISI

Yuli Dwi Pratiwi, Maryaeni Maryaeni, Heri Suwignyo

Abstract


This study describes the creative process of students in writing poetry text and creativity of students in poem text. This study used a qualitative approach with case type of study. Data were collected by interview and document study. The instrument used was a guide of data collection and data analysis. Checking the validity of the data was performed using perseverance of observation and triangulation. Result this study is the creative process of student in finding ideas was generally listening to music and student use three until six language irregularities in their poetry.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses kreatif siswa dan kreativitas dalam puisi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan panduan pengumpulan data dan panduan analisis data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan proses kreatif siswa ketika tahap pencarian ide secara umum mendengarkan musik dan siswa menggunakan tiga sampai enam bentuk penyimpangan bahasa dalam puisinya.


Keywords


Writing poetry; creative process; languge irregularities; menulis puisi; proses kreatif; penyimpangan bahasa

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. 1993. Beberapa Madzhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Ariety, S. 1976. Creativity: The Magic Synthesis. New York: Basic Books.

Atmazaki. 1993. Analisis sajak: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.

Burke, C & Tinsley, M.B. 1993. The Creative Process. New York: St. Martin’s Press.

Darwis, M. 2001. Kelainan Ketatabahasaan dalam Puisi Indonesia: Kajian Stilistika. Makassar: Unhas.

Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Munandar, U. 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Pradopo, R. D. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, N. 2012. Penelitian Kualitatif: Proses & Aplikasi. Jakarta: Permata Putri Media.

Putra, R. M. S. 2010. Principles of Creative Writing. Jakarta: Penerbit Indeks.

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif: Dasar-Dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: YA3.

Siswanto, W. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Teeuw, A. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.

Wahyudi, A. B. 2009. Proses Kreatif Menulis Puisi. (Online), (komunitasjaguar.wordpress.com), diakses 6 April 2016.

Waluyo, H. J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wardoyo, S. M. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yin, R. K. 2002. Studi Kasus: Desain dan Metode Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License