PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATAKULIAH MIKROBIOLOGI DASAR

Mohammad Wildan Habibi, Endang Suarsini, Mohammad Amin

Abstract


Microbiology is one of the subjects taken by the students of Biology Education graduate level. The learning process is often used for this just use the presentation and discussion, so that the student obtained just a concept. The purpose of this study is to make products in the form of research-based textbook current that can later be applied to the student. The method used is R & D (Research and Development) ADDIE. The results of this study is the product of the research-based textbook latest that has been validated by subject matter experts (91,25%), instructional media experts (92,85%), and user guide.

Matakuliah Mikrobiologi merupakan salah satu matakuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa tingkat S1 Pendidikan Biologi. Proses pembelajaran yang sering digunakan selama ini hanya menggunakan presentasi dan diskusi, sehingga yang diperoleh mahasiswa hanya berupa konsep. Tujuan penelitian ini yaitu membuat produk berupa buku ajar yang berbasis penelitian terkini yang nantinya dapat diterapkan pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu R & D (Research and Development) ADDIE. Hasil penelitian ini yaitu produk berupa buku ajar yang berbasis penelitian terkini yang telah dilakukan validasi oleh ahli materi (91,25%), ahli media pembelajaran (92,85%), dan pengguna buku.

 


Keywords


Microbiology; Textbook; ADDIE; Validation; Mikrobiologi; Buku Ajar; ADDIE; Validasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Amin. M. 2013. Prinsip, Prosedur dan Teknik Dasar Analisis Biologi Molekular untuk Program Sarjana dan Pascasarjana. Malang: Universitas Negeri Malang

Bustin, S. A. 2013.Why there is no link between measles virus and autism. In: Fitzgerald M (ed) Recent advances in autism spectrum disorders, vol I, Intech. Rijeka, Croatia, pp 81–98.

Bustin, S. A., Benes, V., Garson, J.A. et al. 2009. The MIQE guidelines: minimum information for publication of quantitative real-time PCR experiments. Clin Chem 55:611–622. (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19246619), diakses 20 Mei 2016.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design The ADDIE Approach. USA: University of Georgia.

Clark, D. P. 2005. Molecular Biology Understanding the Genetic Revolution. Illionis: Elsevier Academic Press.

Clark, D. P. 2010. Molecular Biology Academic Cell Update. USA: Elsevier.

Depdiknas, 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dikti. 2009. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar. Jakarta: Kemendiknas.

Kathleen, T., Chess, B. 2012. Foundation in Microbiology. Eight Edition. USA: McGraw-Hill Companies.

Marx V. 2013. PCR: Living Life Amplified and Standardized. Nat Methods 10:391—395. (http://www.springer.com/cda/content/.../cda.../9781493907328-c1.pdf?...0), diakses 20 Mei 2016.

Mengoli, C; Cruciani, M; Barnes R.A, Loef, J; Donnelly J.P. 2009. Use of PCR for diagnosis of invasive aspergillosis: systematic review and meta-analysis. Lancet Infect Dis 9:89–96. (http://dx.doi.org/10.1016/S14733099(09)70019-2), diakses 21 Mei 2016.

Mitasari, Z. 2012. Pengembangan Buku Ajar Imunologi Berbasis Penelitian Respon Imun Mencit akibat Infeksi Bakteri Escherichia Coli. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Okafor, N. 2011. Enviromental Microbiology Aquatic and Waste System. USA: Springer Science.

Panduan Pengusulan Program Insentif Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi. 2013. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelczar, M dan Chan. 2009. Dasar-dasar Mikrobiologi. Jilid II. Jakarta: UI Press.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Relman. D. A. 2011. Microbial Genomics and Infectious Diseases. N Engl J Med 2011;365:347-57. (http://www.iacld.com/DL/elm/microbialgenomicsandinfectiousdiseases.pdf), diakses 21 Mei 2016).

Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sai, A. N. S. 2015. Bacterial Genomics: Genome Organization and Genome Expression Tools. UK: Cambrigde University

Press.

Snustad dan Simmons. 2012. Principle of Genetics. Six Edition. USA: University of Minnesota.

Sulton. 2003. Desain Pesan Buku Teks IPS SD di Wilayah Kota Malang: Suatu Kajian terhadap Buku Teks IPS Kelas III, IV, V, dan VI SD. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Supriatna, D & Mulyadi, M. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (P4TK dan PLB). (http://jozhmunthe.yolasite.com/resources/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaran-www.tkplb.org.pdf), diakses 22 Mei 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License