PENGGUNAAN BAHAN MANIPULATIF UNTUK MEMAHAMKAN MATERI PELUANG PADA SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Raey Hanah, Gatot Muhsetyo, Sisworo Sisworo

Abstract


Results of preliminary observations in SMP Negeri 26 Malang shows students' difficulties in understanding probability. The purpose of this research was to describe the learning using manipulatives with Realistic Mathematics Education approach for understanding probability to seventh grade students of SMPN 26 Malang. This research is a Classroom Action Research (CAR) which performed in 2 cycles. The subjects were 38 students of class VII-C SMP Negeri 26 Malang, consisting of 19 male students and 19 female students. The results showed that the learning has been implemented successfully make students understand probability, based on the achievement of this study success criteria in the second cycle. The results of the second cycle analysis shows that 91% of students have achieved the schools’ Mastery Minimum Criteria, 70% of students do not make conceptual error, 73% of students did not make procedural error, and 79% of students did not make calculation error. The results showed that the activity of the student and teacher activities are in good category. Interviews showed the students' responses to learning is in good category.

Hasil observasi awal di SMP Negeri 26 Malang menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi peluang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik yang dapat memahamkan materi peluang pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 26 Malang sebanyak 38 orang, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang telah dilaksanakan berhasil memahamkan materi peluang kepada siswa, ditunjukkan dengan tercapainya kriteria keberhasilan penelitian pada siklus II. Hasil analisis siklus II menunjukkan bahwa 91% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), 70% siswa tidak melakukan kesalahan konseptual, 73% siswa tidak melakukan kesalahan prosedural, dan 79% siswa tidak melakukan kesalahan kalkulasi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan aktivitas guru berada pada kategori baik. Hasil wawancara menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran terkategori baik.


Keywords


understanding probability; manipulatives; realistic mathematics education; memahamkan materi peluang; bahan manipulative; pendidikan matematika realistik

Full Text:

PDF

References


Ali. 2014. Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Kotak Berwarna untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Permutasi dan Kombinasi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Baidawi, M. 2010. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Mean Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Intuitif Manipulatif di Kelas IX SMP Negeri 6 Pamekasan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Bransford, J.D., Brown, A.L., & Cocking, R.R 1999. How People Learn. Washington, D.C: National Academy Press.

Bryant, P. & Nunes, T. 2012. Children’s Understanding of Probability a Literature Review (Full Report). London: Nuffield Foundation.

Chapin, S. H. & Johnson, A. 2006. Math Matters Understanding the Math You Teach Grades K-8 (2nd Ed.). Sausalito: Math Solutions Publications.

Crawford, M.L. 2001. Teaching Contextually Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Waco: CCI Publishing, Inc.

Djuita. 2005. Pembelajaran Peluang Melalui Pendidikan Matematika Realistik pada Kelas II SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Freudenthal, H. 2002. Revisiting Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Goos, M., Stillman, G. & Vale, C. 2007. Teaching Secondary School Mathematics. Crows Nest: Allen & Uwin.

Gregersen, E. 2011. The Britannica Guide to Statistics and Probability. New York: Britannica Publicational Publishing.

Hartono. 2014. Penggunaan Resep Makanan dan Struk Belanja untuk Memahamkan Materi Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Melalui Pendekatan RME. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Husenti, N. 2014. Penggunaan Grid untuk Memahamkan Materi Segiempat Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Sidomukti Gresik. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hyde, A. 2009. Understanding Middle School Math. Portsmouth: Heinemann.

Jolliffe, W. 2007. Cooperative Learning in the Classroom Putting it into Practice. London: SAGE Publication, Inc.

Kartika, E. D. 2015. Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Kotak Kemasan untuk Memahamkan Jaring-Jaring Prisma pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Khusnah, S. 2015. Penggunaan Sedotan untuk Membangun Pemahaman Konsep Peluang pada Siswa Kelas X di SMA Negeri Tamanan Bondowoso. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Lukmana, D. A. 2015. Penerapan Discovery Learning Berbantuan Koin Berwarna dan Dadu untuk Memahamkan Konsep Peluang pada Mahasiswa STKIP PGRI Lumajang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks: SAGE Publications

Musser, G. L., Burger, W. F. & Peterson, B. E. 2011. Mathematics for Elementary Teachers A Contemporary Approach (9th Ed.). Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers Mathematics, Inc.

Titikusumawati. 2009. Penerapan Pembelajaran PMR Melalui Learning Cycle untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Peluang Siswa SMAN 1 Plosoklaten Kediri. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas [Classroom Action Research] Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Van de Walle, J.A., Karp, K.S., & Bay-Williams, J.M. 2010. Elementary and Middle School Mathematics – Teaching Developmentally (7th Ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. 2000. Mathematics Education in the Netherlands: A Guide Tour. Utrecht: Utrecht Unniversity.

Walpole, R. E, dkk. 2012. Probability & Statistics for Engineers & ScientistI (9th Ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yudhistira, D. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT Grasindo.

Yuwono, I. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Secara Membumi. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License