PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOTEKNOLOGI BERBASIS PENELITIAN BIOREMIDIASI LOGAM BERAT KADMIUM UNTUK MAHASISWA S1 BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Agung Pambudiono, Endang Suarsini, Mohamad Amin

Abstract


The purpose of this research is to produce research based textbook on bioremediation of heavy metals. This study adapted the Dick & Carey development model. Feasibility of the textbook is based on the results of product testing by experts and small groups. Types of data collected is quantitative data and qualitative data. The collected data have analyzed by quantitative and qualitative descriptive. The tests conducted by subject matter experts gave validity percentage of 91.6 %, an expert assessment of the media at 90.81 %, while a small group votes for 85.56 %. Based on the validation results, the textbook that has been developed is very valid and feasible to be used.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar berbasis penelitian tentang bioremidiasi logam berat. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Dick & Carey. Kelayakan buku ajar didasarkan pada hasil uji coba produk oleh tim ahli dan kelompok kecil. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi memberikan nilai persentase kevalidan buku ajar sebesar 91.6%, penilaian dari ahli media sebesar 90.81%. sedangkan penilaian kelompok kecil sebesar 85.56%. Berdasarkan hasil validasi maka buku ajar yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dan layak untuk dipergunakan.


Keywords


textbook; Dick & Carey; biotechnology; bioremediation buku ajar; Dick & Carey; bioteknologi; bioremediasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, S dan Sriwijaya, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: Cipta Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W., Lou Carey, & James, O Carey. 2009. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.

Hanifah, U. Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Tarbiyah "At-Tajdid", 3(1): 99—121.

Hasruddin, Nanda P, & Fauziyah H. 2014. The Development of Problem-Based Applied Microbiology Textbook. International Journal of Education and Research, 2(9): 187—194.

Hera, R., Khairil, & Hasanuddin. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkuliahan Perkembangan Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2): 187—250.

Lepiyanto, L. & D. Pratiwi. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Matakuliah Biologi Umum. Bioedukasi, 6 (1). 22—29.

Millah, E. S., Lukas S. B., & Isnawati. 2012. Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi Di Kelas Xii Sma Ipiemssurabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, Danmasyarakat (SETS). BioEdu. 1(1): 19—24.

Mohammad, R. F. & R. Kumari. 2007. Effective Use of Textbooks: A Neglected Aspect of Education in Pakistan. Journal of Education for International Development, 3(1): 1—12.

Muriati, S. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel Pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Florea, 1(2): 14—20.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Primiani, C. N. 2014. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Bahan Alam Lokal sebagai Estrogenik pada Matakuliah Fisiologi Hewan. Proceeding Mathematic and Science Forum 2014. ISBN 978-602-0960-00-5: 407—510.

Priyanto, S. H. 2012. Kriteria Baku Buku Ajar. Disampaikan dalam Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen Kopertis VI 31 Mei—1 Juni 2012.

Ramdani & I. Dini. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mindjet Manager sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Kimia Organik. Journal Chemical, 12(1): 44—53.

Situmorang, M. 2013. Pengembangan Buku Ajar Kimia Sma Melalui Inovasi Pembelajaran dan Integrasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013: 237—246.

Suswina, M. 2011. Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas XI. Ta’dib, 14(1): 44—51.

Undang-Undang Republik Indonesianomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Wati, H. M., Endang Susantini & Yuni Sri Rahayu. 2015. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 4(3): 957—962.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License