PENGEMBANGAN BUKU AJAR EVOLUSI BERBASIS PENELITIAN UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JEMBER

Rizka Elan Fadilah, Mohamad Amin, Umie Lestari

Abstract


The aim of this research is to develop the evolution textbook based on research for undergraduate students in Jember University. Result of development research is a textbook draft which it is validated. Validation process conducted by matter experts, instructional media experts, practitioner, and individual testing by nine students. Validation results of matter expert is 92%, in very valid categories. Validation result of instructional media experts was 92%, in very valid categories. Validation results practitions was 74% in valid enough categories. Individual testing results by students was 81% in valid enough categories. Revision based on validation results in quantitaty and qualitative data.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar evolusi berbasis penelitian untuk mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Jember. Hasil pengembangan berupa draft buku ajar yang selanjutnya divalidasi. Proses validasi melibatkan ahli materi evolusi, ahli media pembelajaran, dan praktisi pembelajaran. Hasil validasi ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi praktisi pembelajaran sebesar 74% dengan kategori cukup valid. Draft buku ajar selanjutnya diujicobakan secara perseorangan terhadap sembilan mahasiswa. Hasil uji coba perseorangan mencapai 81% dan termasuk dalam kategori cukup valid. Data hasil validasi dan uji coba berupa data kualitiatif dan kuantitatif digunakan sebagai dasar untuk merevisi buku ajar.


Keywords


textbook; evolution; based on research; buku ajar; evolusi; berbasis penelitian

Full Text:

PDF

References


Amin, M. 2003. Characterization and application of molecular markers in the Peking duck and other waterfowl species. Dissertation: Martin-Luther University Halle-Wittenberg, Faculty of Agriculture, Institute of Animal Breeding and Husbandry with Veterinary Clinic.

Amin, M. 2010. Implementasi Hasil-Hasil Penelitian Bidang Biologi Dalam Pemebelajaran. Proseding Seminar Biologi. Vol.1 No.7. diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1202.

Amin, M. dan Lestari, U. 2013. Pemetaan Keragaman Genetik Berbasis Mikrosatellite dan Diversitas Geografis Habitat Kerbau Lokal Indonesia dengan Gen Cytochomre B sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ dan Upaya Pembibitan Unggul. Laporan Kemajuan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Amin, M. dan Lestari, U. 2014. Pemetaan Keragaman Genetik Berbasis Mikrosatellite dan Diversitas Geografis Habitat Kerbau Lokal Indonesia dengan Gen Cytochomre B sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ dan Upaya Pembibitan Unggul. Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang Amin, M. dan Lestari, U.2014. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Populasi Jawa Timur Dan Nusatenggara Barat berbasis Mikrosatellite sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau secara EX SITU. Makalah Seminar Nasional Biologi. FMIPA UM.

Amin, M. 2015. Biologi sebagai Sumber Belajar untuk Generasi Masa Kini dan Mendatang yang Berintegritas dan Berperadapan Tinggi. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Kemristekdikti. Universitas Negeri Malang.

Amin, M., Suarsini, E., Azmi, I., and Gofur, A. 2016. Philogenetic analysis of Local Endemic Buffalo (Bubalus bubalis) Based on Cytochrome b Gene in Central Indonesia. Jurnal Teknologi (Sciense and Engineering). (online) (www.jurnalteknologi.utm.my)

Amor, M. D., Norman, M. D., Cameron, Hayley E., and Strugnell, J. M. (2014). Allopatric Speciation within a Cryptic Species Complex of Australasian. PLOS ONE 9(6). doi: 10.1371. (Online), (http://journals.plos.org/plosone/article?id=10. 1371/journal.pone.0098982)

Cohen, E.B. and Lloyd, S. J. 2014. Discipline Evolution and the Rise of the Transdicipline. International Journal of an Emerging Transdicipline vol 17, online, (http://www.inform.nu/Articles/Vol17/ISJv17p189-215Cohen0702.pdf)

Dharmayanti, N. L. P. 2011. Filogenetika molekuler: Metode Taksonomi Organisme Berdasarkan Sejarah Evolusi. WARTAZOA vol 21 (1).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W., Carey, L., and Carey, J.O. 2009. The Systematic Design of Instruction, Seventh Edition. USA: Pearson.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (Online), (http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/ uploads/2011/12/sosialisasi-kkni-nasional-dikti.pdf)

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Muljono. 2007. Buletin BSNP. Vol II (1).

Parmin dan Peniati, E. 2012. Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1). (Online) (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii)

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Stearns, S. C. and Hoekstra, R. F. 2003. Evolution an Introduction. Oxford University Press: New York

Sukerni, P. 2014. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester 1 SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 3 (1). (Online), (http://ejournal.undhiksa.ac.id/php/jpi/article/)

Widayati, D.T., Luknanto, D., Rahayuningsih, E.; Sutapa, G.; Sancayaningsih, R.P. Sajarwa. 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset (PUPBR). (Online), (ppp.ugm.ac.id/p3/wp-content/.../pupbrindonesia.pdf)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License