KESIAPAN KERJA DI PERUSAHAAN ISP, DITINJAU DARI PENCAPAIAN KOMPETENSI ADMINISTRASI SERVER JARINGAN DAN PELAKSANAAN PRAKERIN BAGI SISWA SMK PAKET KEAHLIAN TKJ

Urnika Mudhifatul Jannah, Hary Suswanto, Anik Nur Handayani

Abstract


This study aims to determine the contribution of administrative competence achievement and implementation of the network server prakerin against job readiness in the enterprise ISP vocational students in Malang on TKJ membership packages. Type and data analysis of this study are included in the quantitative research. The samples used as many as 205 students. The data collection for the implementation prakerin and job readiness in the enterprise ISP is done with a questionnaire, while for the variable competence network server administration skills do with documentation of the value. Data analysis included descriptive and regression. The results showed: (1) the contribution of the attainment of a network server administration skills to work in the company ISP readiness of 31.1%; (2) contribution to the implementation prakerin job readiness in the enterprise ISP amounted to 45.4%; and (3) the contribution of competency achievement network server administration skills and implementation readiness prakerin simultaneously to work in the ISP company amounted to 66.2%.    

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pencapaian kompetensi administrasi server jaringan dan pelaksanaan prakerin terhadap kesiapan kerja di perusahaan ISP siswa SMK di Kota dan Kabupaten Malang pada paket keahlian TKJ. Jenis dan data analisis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 205 siswa. Pengumpulan data untuk pelaksanaan prakerin dan kesiapan kerja di perusahaan ISP dilakukan dengan angket, sedangkan untuk variabel kompetensi keterampilan administrasi server jaringanl dilakukan dengan dokumentasi nilai. Analisis data meliputi deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kontribusi pencapaian kompetensi keterampilan administrasi server jaringan terhadap kesiapan kerja di perusahaan ISP sebesar 31,1%; (2) kontribusi pelaksanaan prakerin terhadap kesiapan kerja di perusahaan ISP sebesar 45,4%; dan (3) kontribusi pencapaian kompetensi keterampilan administrasi server jaringan dan pelaksanaan prakerin secara simultan terhadap kesiapan kerja di perusahaan ISP sebesar 66,2%.


Keywords


network server administration skills competency; implementation prakerin; and job readiness in the ISP; enterprise; kompetensi keterampilan administrasi server jaringan; pelaksanaan prakerin; dan kesiapan kerja di perusahaan ISP

Full Text:

PDF

References


Andriyani, S. 2013. Minat Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Agroindustri FPTK UPI. (Online), (repository.upi.edu./view article), diakses 15 September 2015.

Clarke, L and Winch. 2007. Vocational Education International Approach, Development and System. New York: Routledge.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Depdikbud Nasional.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidiakan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Penilaian Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Endriana, Yuni., Zainul Arifin dan S. Ragil Handayani. 2011. Pengaruh Knowledge Management dan Strategic Partner Human Resources terhadap Perencanaan Strategik dan Kinerja Organisasi (Studi pada Local Company Internet Service Provider di Malang). Malang: UB Press.

Gonsi, A. 2004. The New Profesional Education and Vocational Education. Crow Nest NSW: Allen and Unwin.

Harjono. 2012. Manfaat Prakerin. Jakarta: Adi Karya Pustaka.

Hartuti, Sri. 2013. Analisis Keberhasilan Praktek kerja Industri (Prakerin) pada Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Blora.(Online), (www.scribd.com/doc/prakerin), diakses tanggal 3 Oktober 2015.

Kusumawardani, M.S. 2012. Pengaruh Prestasi Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Disertasi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Moekijat. 2003. Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja. Bandung: Pioneer Jaya.

Peraturan Meneteri Pendidikan Nasional Nomor 323/U/1997, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda. Menteri Pendidikan Nasional Indonesia.

Peraturan Meneteri Pendidikan dann Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2013, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MAK. Menteri Pendidikan Nasional Indonesia.

Putrayadi, Wirawan. 2013. Tesis. Pengembangan Modul Mengadminstrasi Server dalam Jaringan dengan Model 4D pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. 2005. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.

Sudianto, Herkulana. 2013. Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Kewirausahaan Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Menterado. (Online), (repository.unej.ac.id/handle/5315/1234), diakses tanggal 15 September 2015.

Sugiyono. 2012. Statitik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukirin. 2005. Psikologi Pendidikan dan Sekolah. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Surat Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/Kep/MN/2008 tanggal 22 Agustus 2008. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License