HUBUNGAN PENGEMBANGAN KARIR, KOMPETENSI PROFESIONAL, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU PAUD DI KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK

Rachman Halim Yustiyawan, Achmad Supriyanto, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


This research aims to find relationship between career development, competence professional, motivation, with the performance teachers. This research using method quantitative approach with analysis statistic descriptif and path analysis. Research results indicate (1) there is a direct relationship between career development with the performance teachers; between career development with the motivation teachers; between competence professional with the performance teachers; between competence professional with the motivation teachers; and between motivation with the performance teachers; (2) there is a indirect relationship between career development with teacher performance through motivation teachers; between competence professional with teacher performance through motivation teachers.

Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara pengembangan karir, kompetensi profesional, motivasi, dengan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur atau (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan langsung antara pengembangan karir dengan kinerja guru; antara pengembangan karir dengan motivasi kerja guru; antara kompetensi profesional dengan kinerja guru; antara kompetensi profesional dengan motivasi guru; dan antara motivasi dengan kinerja guru; (2) terdapat hubungan tidak langsung antara pengembangan karir dengan kinerja guru melalui motivasi guru; antara kompetensi profesional dengan kinerja guru melalui motivasi guru


Keywords


career development; professional competence; motivation; performance teachers early childhood; pengembangan karir; kompetensi professional; motivasi; kinerja guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pedoman Pengelolaan Pengembaangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Depdikbud.

Herayati, Y & Mumuh M. 2014. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Riduwan, Rusyana, Adun., dkk. 2013. Cara Mudah Belajar SPSS 17 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Setyowati. 2013. Organisasi dan Kepemimpinan Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Supriyadi. 2014. SPSS + Amos Statistical Data Analysis Perangkat Lunak Statistik mengolah Data untuk Penelitian. Jakarta: In

Media.

Swasto, B. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, H. B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wexley, K. N., & Yuki, G. A. 2005. Perilaku Organisasi Dan Psikologi Personalia. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiyani, N. A. 2015. Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.

Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo.

Wursanto. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License