PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN DENGAN KONVERSI TEKS UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Rina Novia Wahyuningtyas, Maryaeni Maryaeni, Roekhan Roekhan

Abstract


This research aims to produce writing short story teaching materials with the modeling conversion text. This research use a model of development Borg and Gall adaption. The result materials consist of five section. The materials tested to (1) Literary learning expert, (2) writing short stories expert, (3) writing short story teaching materials expert, (4) design graphic expert, (5) practitioners, and (6) student. Based on the test result obtained from the questionnare showed that teaching materials are decent and ready to be implemented.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar menulis cerpen dengan konversi teks. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Bahan ajar yang dihasilkan terdiri atas lima bagian. Bahan ajar tersebut diujicobakan kepada  (1) ahli pembelajaran sastra, (2) ahli menulis cerpen, (3) ahli bahan ajar menulis cerpen, (4) ahli desain grafis, (5) praktisi, dan (6) siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh dari angket menunjukkan bahwa bahan ajar layak dan siap diimplementasikan.


Keywords


Development of teaching materials; write short story; learning to write short story; conversion text; pengembangan bahan ajar; menulis cerpen; pembelajaran menulis cerpen; konversi teks

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Borg, W. R dan Meredith D. G. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Endraswara, S. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.

Endraswara, S. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, A. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama

Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Muslich, M. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Nurgiyantoro, B. 2012. Teori Pengakjian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurjanah, E. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Stimulus Komik Buta. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Ratna, E. 2006. Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif. Jurnal Bahasa dan

Seni, 7 (2) 83—87.

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif: Dasar-dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: YA3 Malang.

Siswanto, W. 2014. Cara Menulis Cerita. Malang: Aditya Media Publishing.

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia (Ulfah, Ed). Jakarta: Erlangga.

Susilowati, S. 2000. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Strategi Cerpen ke Cerpen. Tesis tidak diterbitkan.

Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Tyashatuti, D. U. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Menggunakan Media Gambar. Skripsi tidak diterbitkan.

Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Wahyuningtyas, R. N. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Strategi Pemodelan dan Media Lirik Lagu.

Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License