PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Efi Nilasari, Ery Try Djatmika, Anang Santoso

Abstract


The objective of this study to determine the effect of contextual learning moduls use student achievement of students in grade V in charge of thematic material in SD Muhammadiyah 9 Malang. The type of research is a quasi-experimental design in nonequivalent control group design. Subjects of research were 42 students of grade V. The instrument used is a multiple choice in 10 itemss. The analysis using data independent T test aided IBM SPSS 21. The results of this study show the influence of contextual learning module on learning outcomes of students in grade V in charge thematic.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada muatan materi tematik di SD Muhammadiyah 9 Malang. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 42 orang siswa kelas V. Instrument yang digunakan yaitu tes pilihan ganda yang berjumlah 10 butir. Analisis data yang digunakan menggunakan uji T independent berbantuan IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada muatan tematik. 


Keywords


contextual learning; modules; student achievement; pembelajaran kontekstual; modul; dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berns, R. G. & Erickson P. M. 2001. Contextual Teaching and Learning: Preparing Student for the New Economy. Journal

National Dissemination Center No 5, Page 1—8.

Blanchard, A. 2001. Contextual Teaching and Learning. USA: B.E.S.T.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Eveline, S & Hartini N. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Handayani, C. D. 2013. Pengaruh Bahan Ajar Modul Remedial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioterdidik.Vol 2

No 4, 2014.

Ilahi, M. T. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jihad, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Presindo.

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Thousand Oaks: Corwin.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mapet, W. A. M. D., Mahendra D. I. & Sunarya, Gede M I. 2013. Pengaruh Penggunaan Modul Praktikum KKPI dengan

Pendekatan Inkuiri terhadap Hasil Belajar. Karmapati, Vol 2, No 5.

Patmawati, D. J. R. & Zubaidah T. 2012. Pembelajaran Segitiga dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter di Kelas VII

SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika Paradigma.Vol 6 Nomor 2 hal

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Ruhmawati, I. 2013. Pengaruh Penggunaan LKS Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fotosintesis Kelas VIII

SMP Negeri Malang. Jurnal UM.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Praja.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, H. 2010. Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sastra Anak di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan

Teori Pembelajaran Sastra Anak). Jurnal Kependidikan Interaksi. Tahun 5 Nomor 5 Juni 2010:33—34.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License