BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN RME

Agus Prianto, Subanji Subanji, I Made Sulandra

Abstract


This study describes the creative thinking in RME learning material of algebra. The research was conducted in VIIIH grade students of SMP Negeri 1 Jepara. This study used a qualitative approach and data were analyzed by descriptive-explorative. The result showed that the aspects of students' creative thinking include: fluency, flexibility and novelty in solving problems related to equation linear systems of two variables. Fluency aspect is characterized by the students were able to express ideas and mathematical ideas fluently and correctly in solving problem. Flexibility aspect is characterized by the students are able to use various means and strategies that vary properly in solving problem. Novelty aspect is characterized by the students were able to use a new way, or different from the others in solving problem.

Penelitian ini mendeskripsikan tentang berpikir kreatif dalam pembelajaran RME materi aljabar. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data hasil penelitian dianalisis secara diskriptif-ekploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif siswa meliputi aspek: fluency, flexibility dan novelty dalam menyelesaikan masalah terkait sistem persamaan linear dua variabel. Aspek fluency ditandai dengan siswa mampu mengemukakan gagasan dan ide matematis secara lancar dan benar dalam menyelesaikan masalah. Aspek flexibility ditandai dengan siswa mampu menggunakan berbagai cara dan strategi yang berbeda-beda secara benar dalam menyelesaikan masalah. Aspek novelty ditandai dengan siswa mampu menggunakan dengan cara baru, atau berbeda dari yang lain dalam menyelesaikan masalah.


Keywords


RME learning; creative thinking; material algebra; pembelajaran RME; berpikir kreatif; materi aljabar

Full Text:

PDF

References


Arsaythamby, V. & Zubainur, C. M. 2014. How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary Schools? Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol.159: 309—313.

Beetlestone, F. 1998. Creative Learning: Strategi untuk Melesatkan Kreativitas Anak. Terjemahan oleh Narulita Yusron. 2013. Bandung: Nusa Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Lampiran Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.

Hudojo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Kapur, M. 2009. Moving Beyond the Pedagogy of Mathematics: Foregrounding Epistological Concerns, Halaman: 265—271. Dalam Berinderjeet Kaur, Yeap Ban Har & Manu Kapur (Ed.). Mathematical Problem Solving. Singapore: World Scientific Plubishing Co. Pte. Ltd.

Lambertus, et al. 2014. Developing Skills Resolution Mathematical Primary School Students. International Journal of Education and Research, Vol. 2, No. 10: 601—614.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Cetakan 32). Bandung: PT. Remaja Rosydakarya.

Munandar, U. 1987. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Permen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs. Jakarta.

Silver, E. A. 1997. Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM): International Reviews on Mathematical Education, 97 (3): 75—80.

Siswono, T. Y. E. 2006. PMRI: Pembelajaran Matematika yang Mengembangkan Penalaran, Kreativitas dan Kepribadian Siswa. (Online), (https://tatagyes .files.wordpress.com /2009/11/ paper06_ pmri.pdf), diakses 10 April 2015.

Soedjadi. R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Subanji. 2011. Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional. Malang: UM Press.

Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: UM Press.

Subanji. 2014. TEQIP sebagai Wahana Mewujudkan Pembelajaran Bermakna dan Membangun Karakter Bangsa. J-TEQIP, Tahun V, Nomor 2, November 2014: 307—318.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuwono, I. 2005. Pembelajaran Matematika secara Membumi. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License