KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR DI DAERAH TERPENCIL (STUDI MULTI KASUS DI SDN 2 BAKALAN DAN SDN 2 KEPYAR PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI)

Muhani Muhani, Ali Imron, Kusmintardjo Kusmintardjo

Abstract


The study aims to describe the leadership of school principals in a remote area in SDN 2 Bakalan and SDN 2 Kepyar Purwantoro, Wonogiri. This study used descriptive qualitative approach with multiple case study design. Data collection techniques with interviews, non-participant observation, and study documentation. The data analysis consisted of analysis of individual cases and cross-case analysis. Checking the validity of the data using the test credibility, transferability, dependability, and testing confirmability The results are the first to use the leadership style is the style of participation and delegation. Second, application of force participation in the main tasks of teachers, being force delegation on additional duties of teachers. Third, support the leadership of school principals in remote areas obtained from external and internal. External support namely: special allowances for teachers, school support committee, and teacher competence and harmonious atmosphere. Internal support are: experience of organizing, provision of education, self-reliance and innovativeness principal. Fourth, barriers to leadership comes from the geographical conditions of schools, provision of science and the demands of society. Fifth, efforts to overcome the barriers that the special allowance equalization policy, strengthen personal relationships, and intensive communication with the committee and parents

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dasar di daerah terpencil di SDN 2 Bakalan dan SDN 2 Kepyar Purwantoro Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi multi kasus. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi non participant, dan study dokumentasi. Analisis data terdiri dari analisis kasus individu dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan pengujian confirmability Hasil penelitian, yaitu pertama gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya partisipasi dan delegasi. Kedua, penerapan gaya partisipasi dalam tugas pokok guru, sedang gaya delegasi pada tugas tambahan guru. Ketiga, dukungan kepemimpinan kepala sekolah dasar di daerah terpencil didapatkan dari eksternal dan internal. Dukungan eksternal yaitu: tunjangan khusus untuk guru, bantuan komite sekolah, dan kompetensi serta suasana harmonis guru. Dukungan internal yaitu: pengalaman berorganisasi, bekal pendidikan, kemandirian dan daya inovasi kepala sekolah. Keempat, hambatan kepemimpinan berasal dari kondisi geografis sekolah, bekal keilmuan, dan tuntutan masyarakat. Kelima, upaya menyelesaikan hambatan yaitu dengan kebijakan pemerataan tunjangan khusus, memperkuat hubungan personal, dan komunikasi intensif dengan komite dan wali murid


Keywords


leadership; principals; remote areas; dukungan kepemimpinan; hambatan kepemimpinan; mutu pendidikan; sekolah dasar terpencil

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Bogdan, R. C. dan Biklen, S.K. 1982. Riset Kualitatif untuk Pendidikan. Pengantar dan Metode. Terjemahan oleh Munandir. 1990. Jakarta: PAU-PPAI.

Northouse, P. G. 2013. Kepemimpinan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), (http://jdih.bpk.go.id/wp-content/uploads/ 2012/03/1990-PP-28-pddkanDasar1.pdf), diakses 20 November 2015.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (Online), (http://www.peraturan.go.id/pp/nomor-19-tahun-2005-11e44c4eb763e8e09edc313231363039.html), diakses 20 November 2015.

Pidarta, M. 1995. Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar. Jakarta: Gramedia.

Rahman. et., al. 2006. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint.

Robbins, S. P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT Indeks.

Robbins, S. P. 2010. Perilaku Organisasi. Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi Kedelapan. Terjemahan oleh Hadyana Pujaatmaka. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Sahono, B. 1996. Pengembangan Model Manajemen Kelas yang Efektif di Sekolah Dasar Terpencil. Jurnal Pendidikan Dasar Nomor 2 Tahun I 1996.

Siagian, S. P. 1999. Teknik Menumbuhkan dan Memelihara Perilaku Organisasional. Jakarta: Haji Mas Agung.

Soetopo, H. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sulaksono, B dkk. 2009. Program Sertifikasi Guru dan Program Bankes: Mampukah Meningkatkan Kualitas Pendidikan. (Online), (http://www.smeru.or.id/id/content/program-sertifikasi-guru-dan-program-bankes-mampukah-meningkatkan-kualitas-pendidikan), diakses 20 November 2015.

Supriadi, D. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Thoha, M. 2001. Kepemimpinan dalam Manajemen, Suatu Pendekatan Perilaku, Jakarta: Rajawali Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (Online), (http://sa.itb.ac.id/KetentuanLain/UUNo142005/Guru& Dosen.pdf), diakses 20 November 2015.

Wahyusumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Press.

Zainal, V. R., dkk. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License