PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) KELAS XI SEMESTER GASAL
Abstract
Assessment is a very important process in instructional. Assessment instruments that meet the exacting standards will measure the end result of a process of instructional so that student learning outcomes will be detected properly and can be used as an evaluation for future learning program. PJOK subjects that promotes skills in the realm of learning often ignore the realm of cognitive. Assessment tools to measure students' cognitive sphere made without fulfilling the criteria of a good test assessment instruments so that student learning outcomes can’t be detected properly.
Penilaian merupakan proses yang sangat penting dalam pembelajaran. Instrumen penilaian yang memenuhi standar, secara tepat akan mengukur hasil akhir dari suatu proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa akan terdeteksi dengan baik dan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk program pembelajaran selanjutnya. Mata pelajaran PJOK yang mengutamakan ranah keterampilan dalam pembelajarannya seringkali mengabaikan ranah pengetahuan. Instrumen penilaian untuk mengukur ranah pengetahuan siswa disusun harus memenuhi kriteria instrumen penilaian yang baik sehingga, hasil belajar siswa dapat terdeteksi dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S & Sriwiyana, H. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto. S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki & Harianto. 2014. Asessment Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Penyusunan Soal. Jakarta: Depdiknas.
Dunham. P. 1994. Evaluation for Physical Education. Colorado: Morton Publishing Company.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrapindo Persada.
Paryanti, dkk. 2007. Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Ketrampilan Melaksanakan Prosedur Tetap Isap
Lendir/Suction di Ruang Icu RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (http://www.download.portalgaruda.orgarticle.phparticle=10502&val=715), diakses 17 Januari 2016.
Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 23 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Purwanto, N.M. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahayu. D, & Azizah. U. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berba Komputer Dengan Kombinasi Permainan “Who Wants To Be A Chemist” Pada Materi Pokok Struktur Atom untuk Kelas X Sma Rsbi. (http://fmipa.unesa.ac.idkimiawp-contentuploads20131141-50-Dwi-Utiya.pdf), diakses 6 Januari 2016
Smiley, M. A. 2011. Measuring Student’s Cognitive Engagement On Asessment Test: A Confirmatory Factor Analysis of The Short Form Of The Cognitive Engagement Scale. International Jurnal Volume Six.
Sudijono, A. 2008. Dasar, Proses dan Efektivitas Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sudijono, A. 2013. Pengantar Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Pengembangan (R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2000. Pengembangan Alat ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.
Winarno, M. E. 2011. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |