ANALISIS MINAT MEMBACA PERMULAAN DENGAN CERITA BERGAMBAR DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Mety Toding Bua, Anang Santoso, Muakibatul Hasanah

Abstract


Interest in reading the beginning of elementary school students is very important to support the achievement of a lesson. Based on the researchers tried to assess in an objective study. The purpose of this study to describe the interest in reading beginning with a picture story in the first grade SDN Purwantoro 6 Malang. This research method using descriptive method with qualitative approach. The subjects were students of class I, amounting to 3 students. The results of this study concluded that students' interest in reading beginning with picture stories are very helpful in the learning process. Response and enthusiasm of the students look good, the students enjoy learning, so that students gain meaningful learning experiences.

Minat membaca permulaan siswa sekolah dasar sangat penting untuk menunjang tercapainya suatu pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba untuk mengkaji dalam suatu tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan minat membaca permulaan dengan cerita bergambar di kelas I SDN Purwantoro 6 Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 3 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa minat membaca permulaan siswa dengan cerita bergambar sangat membantu dalam proses pembelajaran. Respon dan antusiasme siswa terlihat baik, siswa lebih senang dalam belajar, sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang bermakna.


Keywords


reading interests starters’picture story; elementary school’; minat membaca permulaan; cerita bergambar, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Cox, C. 1996. Teaching Languge Arts: A Student and Response Centered Classroom. USA: Allyn & Bacon- A Simon & Schuster Company.

Faris, P. J. 1993. Language Arts as a Process Approach. Madison Wisconsin: Brown and Benchmark.

Hasim. Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II melalui Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN III Bulila Kec. Telaga Kab. Gorontalo. (Online), (http://ejurnal.fip.ung.ac.id/index.php/PDG/article/download/159/154), diakses 21 April 2016.

Liando, M. 2008. Pemanfaatan buku cerita bergambar untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Sumbersari II Malang. (Online), (www.karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/896 ), diakses 15 April 2016.

Marlinawati, S. A. 2013. Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Pamardisiwi Madureso, Temanggung. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/15379/1/SKRIPSI.pdf), diakses 15 April 2016.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rita. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Lancer Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar. (Online). (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8782/8744), diakses 21 April 2016.

Samsiah. 2013. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media cerita bergambar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II Mis Al-Falahiyah Bojonggede Bogor. (Online). (http://tulis.uinjkt.ac.id/opac/themes/ketalog/detail.jsp?id=115441&lokasi=lokal ), diakses 15 April 2016.

Suandi, I. N. 2008. Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Undiksha.

Sudjana, N & Ahmad Riva’i. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License