KEBIASAAN BELAJAR ANAK DALAM KELUARGA SUKU TOGUTIL HALMAHERA TIMUR

Wawan Suprianto Nadra, Hariyono Hariyono, M. Ramli

Abstract


This study aims to assess the depth of culture and Suku Togutil child's study habits. The method use disqualitative type of ethnography. The research shows, children's study habits Suku Togutil tendstolag because of cultural habits learned they were not familiar, rather they learn in real life. It found that: (1) social and cultural life of society the majority has beenlost, (2) child's study habits Suku Togutil adjusted to the culture, the environment and people's beliefs, (3) the lack of attention of parents, communities, schools, and cultural influence study habits Suku Togutil children, and (4) to meet the need children, parents as well as the motivation of facilities and infrastructure facilities can enhance children's learning habits in Dusun Titipa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam budaya serta kebiasaan belajar anak suku Togutil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis etnografi. Hasil penelitian menunjukkan, kebiasaaan belajar anak suku Togutil cenderung tertinggal karena budaya kebiasaan belajar mereka yang belum terbiasa, justru mereka belajar pada kehidupan yang real. Ditemukan bahwa (1) kehidupan sosial budaya masyarakat sebagian telah hilang, (2) kebiasaan belajar anak suku Togutil disesuaikan dengan kondisi budaya, lingkungan serta keyakinan masyarakat, (3) kurangnya perhatian orangtua, lingkungan masyarakat, sekolah, dan budaya memengaruhi kebiasaan belajar anak Suku Togutil, dan (4) memenuhi kebutuhan anak, motivasi orangtua serta fasilitas sarana dan prasarana dapat meningkatkan kebiasaan belajar anak di dusun Titipa.


Keywords


attention; concern parents; study habits; perhatian; perhatian orangtua; kebiasaan belajar

Full Text:

PDF

References


Cohen, S. & Syme, S. L. 1985. Social Supportand Health. London: Academic Press.

Creswell, J. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Memilih Diantara Lima Pendekatan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Edisi Kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatchan, A. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Etnografi dan Etnometodelogi untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Hanurawan, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Karim, K. A. Thohari, M., & Sumardjo. 2006. Pemanfaatan Keanekaragaman Genetik Tumbuhan oleh Masyarakat Togutil di Sekitar Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Media Konservasi. XI (3): 1—12.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi (edisi revisi 2009). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, L. J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahdan, L. F. 2007. Hubungan Antar Motivasi Belajar, Sikap dan Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Mataram. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Murwani, E. D. 2006. Peran Guru dalam Membangun Kesadaran Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No.06/V/Juni2006. diakses 21 Juni 2016.

Nugroho, A. 2016. Inilah 5 Tradisi Berburu yang Masih Dipraktikkan Suku-Suku di Indonesia, (Online), (http://www.boombastis.com/tradisi-berburu-indonesia/69661), diakses 2 Juli 2016.

Paputungan, K. 2015. Kurangnya Perhatian Orangtua terhadap Pendidikan Anak, (Online). http://www.kompasiana.com/kartikapaputungan/kurangnya-perhatian-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak_564a6a9b757a6109052640f2), diakses 17 Juni 2016.

Putra, T. E. Kaunang, M. & Mingkid, E. 2015. Interaksi Sosial Masyarakat Kelurahan Manembo Nembo Tengah Kecamatan Matuari Kota Bitung. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan Edisi XIV (Maret—April 2015). Pascasarjana Universitas Samratulangi, diakses 18 Juni 2016.

Riadi. 2015. Perhatian Orangtua, (Online), (http://www. kajianpustaka.com/2015/12/perhatian-orang-tua.html), diakses 19 Juni 2016.

Ridwan, M., Achmad F & I Komang A. 2016. Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Faktor Pengembangan Karakter. Prociding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling: Mewujudkan Generasi Berprestasi yang Berkarakter melalui Peningkatan Faktor-Faktor Non Kognitif. 16 (1): 421. Malang: Universitas Negeri Malang.

Romadona, A & Sihkabuden. 2014. Hubungan Tingkat Pendidikan Orangtua, Bimbingan Belajar, dan Tingkat Kecerdasan (Iq) dengan Kemampuan Bina Diri bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/5283), diakses 22 Juni 2016.

Satori, D. & Komariah, A. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. 2010. Peranan Guru dalam Pemberdayaan Siswa. Majalah Ilmu Pendidikan. FIP-Universitas Negeri Yogyakarta. diakses 21 Juni 2016.

Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syafiq, M. 2016. Pengaruh Sosial Support, Self-Esteem dan Social Skill terhadap Resiliensi Siswa. Prociding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling: Mewujudkan Generasi Berprestasi yang Berkarakter melalui Peningkatan Faktor-Faktor Non Kognitif. 16 (1): 485. Malang: Universitas Negeri Malang.

Trisani, R. P. 2016. Konseling Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. Prociding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling: Mewujudkan Generasi Berprestasi yang Berkarakter melalui Peningkatan Faktor-Faktor Non Kognitif. 16 (1): 645. Malang: Universitas Negeri Malang.

Walgito, B. 2003. Psikologi Umum. Yogyakarta: Pustaka Setia.

Wulan, R. 2015. Budaya Organisasi Berbasis Kearifan Lokal Suku Melayu Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus pada SMP Negeri 1 Arut Selatan dan SMA Negeri 1 Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License