PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STRATEGI SINEKTIK BERBANTUAN GAMBAR PADA MATA PELAJARAN AGAMA KATOLIK DI SD YPPK SANTO TARSIUS BIANKUK MERAUKE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar berbasis strategi Sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik; (2) menguji kelayakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan gambar pada pelajaran agama katolik; (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis strategi sinektik berbantuan media gambar pada mata pelajaran agama katolik. Penelitian ini menggunakan rancangan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan model pengembangan Dick & Carey sebagai landasan untuk menjawab tujuan di atas. Dalam hal ini, peneliti mengumpulkan data melalui angket dan lembaran validasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli desain, uji coba guru bidang studi, dan uji coba perorangan menunjukkan hasil bahwa bahan ajar berbasis Sinektik sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dick, W.C.L & Carey, J.O. 2009. The Systematic Design of Instructional. 7th Edition. New Jersey: Pearson.
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Youngki. 2012. Peran Teknologi dalam Pengembangan Pendidikan di Indonesia: (Online), (youngkibudis.blogspot.co.id
/04 html), diakses 15 Agustus 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |