MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KELAS I DI SD NEGERI KAUMAN I KOTA MALANG
Abstract
This study aims at generating and developing character learning model product based on group investigation consists of learning model syntax and its learning set which meet the appropriateness validity level, effectiveness, and applicability through thematic learning within the first grader in SDN Kauman 1 Malang. This study was started by conducting a literature study then it followed by conducting learning observation, validity testing, limited scale examination, product revising, primary scale examination, and product finalizing. This study used a model suggested by Borg and Gall. The result of this study showed that the product developed is appropriate and suitable to be implemented. Therefore, this product could be used as an alternative to determining a means to improve the quality of learning in SDN Kauman I particularly in the first graders.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model pembelajaran karakter berbasis group investigation berupa sintaks model pembelajaran beserta perangkatnya yang layak, yakni mempunyai tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk melalui pembelajaran tematik di kelas I SD Negeri Kauman I Kota Malang. Perolehan model pembelajaran tersebut diawali dengan melakukan studi pendahuluan melalui studi literature, observasi pembelajaran, pengujian ke validator, uji coba skala terbatas, revisi produk, uji coba skala utama dan produk akhir. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi pada model Borg & Gall. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan layak untuk digunakan secara keseluruhan. Sehingga model pembelajaran yang dikembangkan ini berguna untuk menjadi salah satu pedoman dalam menentukan langkah terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran di SD Negeri Kauman I khususnya kelas I.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.
Joyce, B. 1972. Models of Teaching. United States of America: Prentice-Hall, Inc.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: Hor our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam.
Poerwanti, E. & Widodo, Nur. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Malang. UMM Press.
Rochmad. 2014. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. UNNES: FMIPA, (Online), (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2613, diakses 18 Oktober 2015).
Solehatin, E. & Raharjo. 2009. Cooperative Learning. Jakarta. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Pregesif. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |