PENGEMBANGAN MODUL GEOGRAFI PARIWISATA BERBASIS PAKET WISATA PULAU LOMBOK SEBAGAI UPAYA MEMUPUK RASA CINTA TANAH AIR PADA MAHASISWA

Andrinata Andrinata, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Abstract


The purpose of the study is to produce the tourism geography module based on the Lombok tourism packages that is prepared in accordance with the module design of C Michael and Stephen J. Page. This study is designed with Dick & Carey model and simplified into six steps. The quality of product is known through the lecturer’s feedback and students during the field test. The trial subjects are the students of Geography Education STKIP Hamzanwadi Selong in the sixth semester in year 2013 who have taken the course. Based on the results of validation and field trials, the numbers of scores are obtained namely: (a) the assessment of the expert design towards the components of the module is 82.7%, (b) the assessment of the content/materials to components of the module is 83%, (c) the assessment of the language expert of language towards the module components is 76%, (d) the assessment of the lecturer of the course and students towards the questionnaires is distributed associated with the products and developed each score 84.28% and 86.4%. The average value of the results of validation and field trials, the module is developed and appropriately used as learning sources with percentage 82.5%.

Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok yang disusun sesuai dengan desain modul C. Michael Hall dan Stephen J. Page. Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian pengembangan model Dick & Carey yang disederhanakan menjadi enam langkah. Kualitas produk diketahui melalui hasil tanggapan dari dosen pengampu matakuliah dan mahasiswa pada saat uji lapangan. Subjek uji coba yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong pada semester VI angkatan 2013 yang telah menempuh matakuliah tersebut. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan, jumlah skor yang didapat yakni: (a) penilaian ahli desain pembelajaran terhadap komponen modul adalah 82,7, (b) penilaian ahli isi/materi terhadap komponen modul 83%, (c) penilaian ahli bahasa terhadap komponen modul 76%, (d) penilaian dosen pengampu matakuliah dan mahasiswa terhadap angket yang dibagikan terkait dengan produk yang dikembangkan yakni masing-masing memperoleh nilai 84,28% dan 86,4%. Nilai rata-rata hasil validasi dan uji coba lapangan, modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar dengan tingkat persentase 82,5%.

 


Keywords


tourism geography; travel package; lombok geografi pariwisata; paket wisata; Lombok

Full Text:

PDF

References


Cahyani, I.I. 2015. Pengembangan Modul Geografi Model Alec E. Aitiken pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Kelas X Sekolah Menengah Atas. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Dick, W.C.L. & Carey, J. 2001. The Systematic Design of Intruction. New York: Longman.

Dimopaulus, D.I. & Paraskevopoulus, P. 2009. Planing Education Activitis Ang Teaching Strategies on Con¬structing a Concervation Educational Modele. International Journal of Enviromental & Scient Educa¬tional 4 No. 4 October 2009.

Kasangke, A.Y. 2011. Pengembangan Modul Hidrosfer pada Kelas X Sekolah Menengah Atas. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud No.056/U/1994 Tentang Penyusunan Pedoman Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Oroh, R. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Modul Ajar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi EDVOKASI.

Vol. 03 No 03.

Purwanto, E. 2010. Problematika Pembela¬jaran Geografi (Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Geografi pada Fakultas Ilmu Sosial). Malang. Universitas Negeri Malang.

Sardjiyo & Pannen, P. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi, Jurnal Pendidikan, 6 (2): 83—98.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Peda¬gogia.

Sungkono, 2009. Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Artikel Ilmiah Pembelajaran.

Vol. 5. No 1.

Wahyuni, S. 2005. Pengembangan Modul Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Model

Pengembangan Sistem. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License