KEMAMPUAN METAKOGNISI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MATARAM

Sakila Pujiank, Jamaluddin Jamaluddin, Gito Hadiprayitno

Abstract


The research aims are (1) to analyse the metacognition abilities of biology student for each components of metacognition, (2) analyse the metacognition abilities for each class and (3) analyse the metacognition abilities generally. The subject is 204 students. Data were collected by metacognitive awareness inventory and analyse with descriptive qualitative. The results show that student metacognition abilities included into already developed category (72,93%). The metacognition ability for each class is 2013 (75,38%), 2011 (72,93%), 2012 (72,03%) and 2010 (70,38%). Metacognition abilities for each component included already developed category (67,51%—77,55%) except the debugging strategies included into developed very good category (88,92%).

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kemampuan metakognisi mahasiswa pendidikan biologi pada setiap komponen metakognisi; (2) menganalisis kemampuan metakognisi mahasiswa setiap angkatan; (3) menganalisis kemampuan metakognisi mahasiswa secara keseluruhan. Subjek penelitian terdiri atas 204 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi mahasiswa sudah berkembang baik (72,93%). Rata-rata skor kemampuan metakognisi setiap angkatan adalah 2013 (75,38%), 2011 (72,93%), 2012 (72,03%) dan 2010 (70,38%). Kemampuan metakognisi mahasiswa untuk setiap komponen metakognisi dikategorikan sudah berkembang baik (67,51%—77,55%), kecuali pada kemampuan debugging strategies yang dikategorikan berkembang sangat baik (88,92%).


Keywords


metacognition’s abilities; Metacognitive Awareness Inventory (MAI); kemampuan metakognisi mahasiswa; Metacognitive Awareness Inventory (MAI)

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. 2011. Hubungan Kemampuan Metakognitif dan Lingkungan Belajar Rumah Sakit dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Asuhan Keperawatan pada Mahasiswa(Akademi), (Online), (http://digilib.uns.ac.id, diakses 21 Mei 2014).

Afandi., Sugyarto. & Sunarno, W. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif melalui Model Reciprocal Learning dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa, (Online), (http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ink/article/view/124, diakses 20 November 2013).

Brown, A.L., Bransford, J.D., Ferrara, R.A. & Campione, J.C. 1983. Learning, Remembering, and Understanding. New York: Wiley.

Cooper M.M., Cox C.T. Jr., Nammouz M., Case E. & Stevens R. 2007. An assessment of the effect of collaborative groups on students’ problem solving strategies and abilities, J. Chem. Educ., “In Press”.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.

Djuanda, M. 2008. Urgensi Metakognitif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah, (Online), (http://bdkjakarta.kemenag.go.idindex.php?a=artikel &id=884, diakses 6 Januari 2014).

Flavell, J.H. 1979a. Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive Developmental Inquiry. American Psychologist, (34):907—111.

Mahdavi, M. 2014. An Overview: Metacognition in Education. International Journal of Multidisciplinary and Current Research, (Online), (http://ijmcr.com, diakses 31 Oktober 2016).

Muisman. 2003. Analisis Jalur Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Berdasarkan Kecerdasan, Strategi-Strategi Metakognitif dan Pengetahuan Awal, (Online), (http://www.damandiri.or.id/file/muismanikipsingarajabab2a.pdf, diakses 28 Maret 2014).

Nurmaliah, C. 2007. Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa SMP Negeri di Kota Malang Berdasarkan Kemampuan Awal, Tingkat Kelas, dan Jenis Kelamin, (Online), (http://www.jurnal, unsyiah.ac.id, diakses 22 Februari 2014) .

OLRC News. 2004. Metacognition Background Brief, (Online), (http://literacy.kent.edu/ohioeff/resources/06newsmetakogniton .doc, diakses 20 November 2013).

Paris, S., & Winograd, P. 1990. Promoting Metacognition and Motivation of Exceptional Children. Remedial and Special Education, 11 (6):7—15.

Sastrawati, E., Muhammad Rusdi. & Syamsurizal. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa, (Online), (http://online.jurnal.unja.ac.id/index.php/pedagogi.pdf, diakses 23 November 2013).

Schunk, H.D. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Online), (http: //www.dikti.go.id/files/atur/UU14-005Guru-Dosen.pdf‎, diakses 14 November 2013).

Warouw, Z.W.M. 2010. Pembelajaran Cooperative Script Metakognitif (CSM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa, (Online), (http://eprints.uns.ac.id/1950/1/1258-2839-1.SM.pdf, diakses 23 November 2013).

Wibowo, Y. 2012. Analisis Tingkat Kemampuan Metakognitif Guru MIPA MAN Mualimin Yogyakarta, (Online), (http://rinaa amelia.blogspot.com/2012/06/jurnal-metakognisi-2.html, diakses 18 Februari 2014).

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Ulfa, Z. 2009. Efektivitas Pembelajaran dengan Strategi Belajar Metakognitif dalam Meningkatkan Metacomprehension Siswa pada Materi Fiqih Kelas X di SMA Islam Parlungan Berbek Waru Sidoarjo, (Online), (http://digib.unsby.ac.id, diakses 21 Mei 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License