PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SMA

Erlin Fatima Helek, Vinsensius Oetpah, Yohanes Seran

Abstract


The purpose of this study is to improve motivation and learning outcomes biology in grade X SMAN 1 TASBAR through inquiry learning model. This research is a classroom action research, data collection technique through observation and tests. Subjects were students of the second semester class XB SMAN 1 TASBAR year 2011/2012 amounted to 35 students. The results obtained in this study showed an increased motivation and learning outcomes of students, the percentage of first cycle activity by 75% and the second cycle by 85%. While the percentage of mastery learning outcomes in the first cycle of 62.32% and a second cycle of 84.28%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi pada siswa kelas X SMAN 1 TASBAR melalui model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB semester II SMAN 1 TASBAR tahun 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, persentase aktivitas siklus pertama sebesar 75% dan siklus kedua sebesar 85%. Sementara itu, persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus pertama sebesar 62,32% dan siklus kedua sebesar 84,28%.


Keywords


motivation; learning outcomes; inquiry motivasi hasil belajar; inkuiri

Full Text:

PDF

References


Agustanti. 2012. Implementasi Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan, 2 (2):16—20.

Hamalik, O. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Idhun. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Sistem Koordinasi untuk

Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran

/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (2):80—93.

Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Muchith. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukriyanto, dkk. 2014. Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS

Pokok Bahasan Akibat Perilaku Manusia terhadap Lingkungan di Kelas IV SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo Tahun

/2013. Jurnal Pendidikan 1(1):32—34.

Wulaningsih, S., Prayitno, B.A. & Probosari, R.M. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap

Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan

Biologi, 4 (2):33—43.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License