PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMUK

Lusia Naimnule, Vinsensius Oetpah, Vinsensia Ulia Rita Sila

Abstract


The study aims to improve activities and cognitive learning results trought the Think Talk Write. The study was in class X SMAK Warta Bhakti Kefamenanu with responden 35 people. Data collecting data through observation and tests students' cognitive learning outcomes. Data analysis using quantitative descriptive. Results of research on learning activities in the first cycle an average of 60%, and the second cycle reaches an average of 90%. Cognitive learning results in the first cycle an average of 72.53% and the second cycle average reached 94.59%. Based on these data concluded that an increase in activity and cognitive learning outcomes in each cycle through the implementation of learning model Think Talk Write.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran TTW. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMAK Warta Bakti Kefamenanu dengan jumlah responden 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada aktivitas belajar pada siklus I rata-rata 60% dan siklus II mencapai rata-rata 90%. Hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata 72,53% dan siklus II rata-rata mencapai 94,59%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif di setiap siklus melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write.


Keywords


Think Talk Write; cognitive learning results; learning activities; hasil belajar; kognitif; aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References


Anton. 2001. Definisi Belajar Mengajar, (Online), (http://definisi-belajar, diakses 25 Maret 2012).

Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. 2014. Model-Model pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismail, S.M. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Media Group.

Kardi, S. & M. Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Mulyasa, H.E. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahmawati, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Darul Falah Sukodono Tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak dipublikasikan.

Sembiring, N. 2014. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) di Kelas XI SMP Negeri Berastagi. Skripsi tidak dipublikasikan.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparno & Yunus, M. 2011. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Widya. 1999. Teacher Centered Learning. Model Pembelajaran. Kompas. Januari 1999.

Yamin, M. & Ansari, I. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License