PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DIPADU PICTURE & PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI JARINGAN HEWAN PADA SISWA KELAS XI SMA

Qorry Aulya Rohmana, Nur Widodo, Listijo Kapti

Abstract


This research aims to enhance the activity and cognitive achievement of students through learning models Two Stay Two Stray (TSTS) combined with Picture and Picture. Subjects were students of class XI IPA SMAN 4 Malang. This research is a classroom action research. Collecting data using observation, testing and documentation sheets. Data were analyzed using descriptive analysis. Results of the study are (1) there is increased activity of students through TSTS combined with Picture and Picture with an average score of the first cycle to the second cycle by 1.18%. (2) there is improving student learning outcomes through combined TSTS Picture and Picture with an average score of the first cycle to the second cycle of 4.22%.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadu dengan Picture and Picture. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian, yaitu (1) terdapat peningkatan keaktifan siswa melalui TSTS dipadu Picture and Picture dengan skor rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 1,18% dan (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui TSTS dipadu Picture and Picture dengan skor rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 4,22%.


Keywords


liveliness; learning outcomes; Two Stay Two Stray (TSTS); Picture and Picture; keaktifan; hasil belajar; Two Stay Two Stray (TSTS); Picture and Picture

Full Text:

PDF

References


Adipta, H., Maryaeni. & Muakibatul, H. 2016. Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 1 (5):989—992.

Cilcilia, W. 2008. Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn di SMP 2 Sambong Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2007/2008. Blora. Vol 2, No 2.

Dewi, S., Sumarmi. & Ahmad, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 1 (3):281—288.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Faishal, M. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan 5 Unsur Pembelajaran Kooperatif dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X–B Semester II MAN 3 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Fauzi, E., Dwiastuti, S. & Harlita. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Biologi, 3(3): 72—78.

Idatunnisa, I.A., Suharno. & Mahfud, H. 2012. Penerapan Metode Two Stay Two Stray Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Globalisasi. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol 4 (1)

Ismawati, N. & Hindarto. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 7 (2011) 38—41.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Kemendikbud. 2003. Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Listiyani, I.M. & Widayati, A. 2012. Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, (Online), Vol. 10 (2), (http//www.journal.uny.ac.id, diakses 13 Maret 2016).

Lie, A. 2002. Cooperative Learning – Mempraktikkan Cooprerative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Natalia, M., Yusuf, Y. & Rahmayani, D. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Ukui Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi Biogenesis. Vol 1(2)

Parwati, N., Parmiti, D.P. & Jampel, I.N. 2013. Penerapan Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1(1)

Prisma, R.G. 2006. “Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Biologi melalui Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Berbasis Gambar (Picture and Picture) pada Siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kota Padang Panjang”. Biologi Padang.Vol 3, No 1.

Mulyasa. 2010. Praktik Pengamatan Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Saraswati, D., Soedjoko, E. & Susilo, E. 2012. Penerapan Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol.1 (1)

Saleh, N. & Aunurrahman, N. Penerapan Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 27. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UNTAN. Vol 2(3)

Sri Wahyuni. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stay sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarifah, H., Sri Endah, I. & Aloysius, D.C. 2016. Pengaruh Strategi pembelajaran RQA dipadu TPPS terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Laki-laki dan Perempuan SMAN di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 1 (5):801—805.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License