PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DALAM MENYUSUN LAPORAN SISWA SMA

Ratna Ningsih, Andi Ichrar Asbar, Muh. Amir Masruhim

Abstract


This study aims to analyze the validity, practicality and effectifity of the development of  learning tools through the test of control class, test of treatment class  and the effectivity test in order to produce biology learning tools based PBL (problem based learning) that valid, practical and effective to improve performance in prepared a report to 11th grade of high school students. The development of the learning tools refers to a Borg and Gall development model. Data was collected using observation sheets, validation sheet, questionnaire, and test. Methods of data analysis done by quantitative descriptive analysis of the needs analysis, the validity and practicality of the learning tools. The effectifity of the learning is done by pretest posttest. Effectifity of learning tools analyzed by paired t-test. Results showed that the learning tools otherwise (1) very valid with a percentage of 98.91%, (2) practical with a percentage of 84,68%, and (3) effective with Tvalue amounting to 3,51 (Tvalue> Ttable) at significance level of 5%. Based on the results of this study concluded that the PBL Based Learning has met the criteria perfectly valid, prractical, and effective way to improve performance in preparing the reports of students through learning biology in high school, so it can be used in a broader scope.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kinerja dalam menyusun laporan siswa SMA kelas XI Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, lembar validasi, angket, dan tes. Metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif terhadap analisis kebutuhan, validitas dan kelayakan perangkat pembelajaran. Efektivitas perangkat pembelajaran dilakukan dengan pretest posttest. Efektivitas perangkat pembelajaran dianalisis dengan uji t-paired. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan (1) sangat valid dengan persentase sebesar 98,91%, (2) praktis dengan persentase sebesar 83,02%, dan (3) efektif untuk meningkatkan kinerja dalam menyusun laporan siswa dengan Thit sebesar 3,51 (Thit> Ttab) pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari analisis kebutuhan guru didapatkan hasil bahwa dibutuhkan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kinerja dalam menyusun laporan siswa SMA kelas XI. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kinerja dalam menyusun laporan siswa melalui pembelajaran biologi di SMA, sehingga dapat digunakan dalam lingkup yang lebih luas.

 


Keywords


learning tools; problem based learning; performance; reports; perangkat pembelajaran; problem based learning; kinerja; laporan

Full Text:

PDF

References


Arends, R.A. 2004. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Company.

BSNP. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dyahwati, P., Rahayu, E.S. & Susanti, R. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Bervisi Pendidikan Karakter. Journal of Educational Research and Evaluation, 2 (1).

Gray, P. 2011, The Evolutionary Biology Of Education: How Our Hunter-Gatherer Educative Insticts Could from the Basis for Education Today. Boston.

Kurniawan, H. & Istiningrum, A.A. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10 (1).

Nugrahani, R., dkk. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36 (1).

Punding, W. 2011. Efektivitas Metode Pembelajaran Peta Konsep dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2010/2011. Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Puspitoningrum, E., dkk. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2):152—162.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rustaman, N. 2003. Asesmen Pendidikan IPA. Makalah Penataran Guru-Guru NTT di Jurusan Pendidikan Biologi.

Suci, N.M. 2008. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2 (1).

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana.

Wisudawati, A.W & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yance, R.D., dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License