EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CITIZEN JOURNALISM: MELATIH KETERAMPILAN MAHASIWA DALAM BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

Masnurul Hidayat, Hari Wahyono, Dwi Wulandari

Abstract


Citizen journalism learning model is a learning model which directs a learner to analyze and make scientific article related to current economic phenomenon. This learning model is developed and conducted through Research and Development design (R&D). Before the research was conducted, validity examination was conducted. Validity examination result showed that this product is qualified to be implemented with revision. After that, effectiveness of leraning model was tested using experiment class. The experiment class was a student of offering D-D dan DD-DD Economic Development Department, Faculty of Economic, Universitas Negeri Malang. The result is seen from mastery learning of students in experiment class. The result is 69% and was higher than control class, while control class is 56%. The attractiveness of this model is 77,58% (good) and the material understanding is 77,59% (good).

Model pembelajaran Citizen Journalism merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menganalisis dan membuat sebuah artikel ilmiah terkait fenomena ekonomi yang sedang terjadi. Model Pembelajaran ini dikembangkan dan dilakukan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D). Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validitas. Halis uji validitas produk menghasilkan kualifikasi layak digunakan dengan revisi. Setelah itu dilakukan uji efektivitas model menggunakan eksperimen kelas dengan objek penelitian mahasiswa offering D-D dan DD-DD jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Hasil uji efektivitas model dilihat pada hasil ketuntasan belajar kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebanyak 69%, sedangkan kelas kontrol 56%. Daya tarik dari model ini mencapai tingkat keberhasilan 77.58% (baik) dan kemampuan memahami materi 77.69% (baik).


Keywords


Citizen Journalism; contextual learning; problem based learning; active debate Learning; citizen journalism; pendekatan pembelajaran kontekstual; pendekatan pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran debat aktif

Full Text:

PDF

References


Akbar, S dan Sriwijaya, Hadi. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Allport, G.W. 2008. Personality and Social Encounter: Selected Essays. America: Beacon Press.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Badan Pusat Statistik. 2012. Laporan Minat Baca Penduduk Indonesia. Web: http://www/bps.go.id. (diakses pada 4 juni 2016).

Beritasatu. 2016. Persentase minat baca Indonesia hanya 0,01 persen. (http://sp.beritasatu.com/home/persentase-minat-baca-indonesia-hanya-001persen/79632), diakses 4 Juni 2016.

Berns, R.G., & Erickson, P. M. 2001. Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. The Highlight Zone: Research@ Work No. 5.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1989. Educational Research: An Introduction )5th). New York: Longman.

Enoh, M. 2004. Jurnal Ilmu Pendidikan, Pebruari 2004 Jilid 11 Nomor 1.

Hisyam, Z, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Kompas. 2016. Minat Baca Rendah, Mayoritas Warga Indonesia Hobi Nonton Televisi. (Online), (http://regional.kompas.com/read/2016/04/28/21020061/Minat.Baca.Rendah.Mayoritas.Warga.Indonesia.Hobi.Nonton.Televisi), diakses 4 Juni 2016.

Pannen, P. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAIJ-PPAI, Universitas Terbuka.

Poedjiadi, A. 1999. Pengantar Filsafat Ilmu bagi Pendidik. Bandung: Yayasan Cendrawasih.

Rohman, M & Amri, S. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Santrock, J.W. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja), Edisi keenam, terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Scmago. 2016. International Journal & Countri Rank 2016. (Online), (http://www.scimagojr.com/journalrank.php), diakses 14 Agustus 2016.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

UNESCO. 2015. Laporan Minat Baca Penduduk Indonesia per Desember 2015. (Online), (https://www.unesco-ihe.org/), diakses 14 Agustus 2016.

Wahyono, H. 2010. Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Simulasi pada Mata Kuliah Ekonomi Makro di Prodi Ekonomi Studi Pembangunan (hasil penelitian). Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (sutau kajian konseptual operasional). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wina, S. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License