OPTIMALISASI SUMBER BELAJAR EKONOMI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA

Peggy Delita Merida, Sri Umi Mintarti W, Mit Witjaksono

Abstract


This research is a development that is in optimizing the learning resources inherent in the economy high school students. There are many learning resources that can be used for the students but the students and teacher in particular are not able to maximize the learning economy. This is a problem in this study. This research method using the Design Based Research (DBR), the results obtained are of validator experts, practitioners, and students also declared valid and can be developed. Results are conducted at the high school level is Public Senior High School in Tumpang, Malang. The response of students in learning also showed good results and inspire.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu dalam mengoptimalisasi sumber belajar ekonomi yang melekat pada siswa di SMA. Terdapat banyak sumber belajar yang dapat digunakan untuk siswa namun siswa dan guru dalam pembelajaran khususnya adalah pembelajaran ekonomi belum dapat memaksimalkan. Hal tersebut menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR), hasil yang didapatkan yaitu dari validator ahli, praktisi, dan siswa menyatakan valid dan dapat dikembangkan. Hasil tersebut dilakukan di tingkat SMA, yaitu SMA Negeri 1 Tumpang, Kabupaten Malang. Tanggapan siswa dalam pembelajaran juga menunjukkan hasil yang baik dan menginspirasi.


Keywords


learning resources; economic; learning economy; sumber belajar; ekonomi; pembelajaran ekonomi

Full Text:

PDF

References


Agus. 2013. Perbedaan Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Konvensional.

Arianti. 2003. Diary Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Bandung: Read! Publishing House.

Setyowati, L. 2011. Efektivitas Pengembangan Penilaian. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sudjana dan Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, H.G. 2009. Pengajaran Analisis Kontraksi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. Edisi Keempat. Malang: Biro Administrasi, Akademik Perencanaan dan Sistem Informasi bekerjasama dengan Penerbit Universitas Negeri Malang.

Warsita. B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Witjaksono, M. 2010. Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Pembimbingan Skripsi Mahasiswa melalui Implementasi pos-Skripsi. Malang: UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License