INTERNALISASI DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI LINGKUNGAN DALAM PERILAKU KONSUMSI (STUDI KASUS DI SMAN BANGIL)

Ery Widyastuti, Wahjoedi Wahjoedi, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


This study aims to (1) identifying the environmental values in consumer behavior facilitated school to be internalized in students, (2) know the process of internalization of environmental values in consumption behavior on students, and (3) identifying the values of the environment in consumer behavior have actualization students in everyday behavior, This is a qualitative research method using aproach phenomenology. The results showed that the value of the environmental values in consumer behavior is facilitated by the school to be internalized in students of SMAN 1 Bangil is implementing 3R, applying 5P free, save electricity and energy, saving water, saving paper, plastic use reduction, waste sorting. And the values of the environment in the consumption behavior has been actualized in the daily behavior of students of SMAN 1 Bangil.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi nilai-nilai lingkungan dalam perilaku konsumsi yang difasilitasi sekolah untuk diinternalisasi dalam diri siswa, (2) mengetahui proses internalisasi nilai lingkungan dalam perilaku konsumsi pada diri siswa, dan (3) mengidentifikasi nilai-nilai lingkungan dalam perilaku konsumsi yang telah diaktualisasi siswa dalam perilaku sehari-hari. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai lingkungan dalam perilaku konsumsi yang difasilitasi oleh sekolah untuk diinternalisasi dalam diri siswa SMAN 1 Bangil adalah menerapkan 3R, menerapkan bebas 5P, hemat listrik dan enersi, hemat air, hemat kertas, pengurangan pemakaian plastik, pemilahan sampah. Nilai-nilai lingkungan dalam perilaku konsumsi tersebut telah teraktualisasi dalam perilaku sehari-hari siswa SMAN 1 Bangil.


Keywords


internalization; actualization; environmental values; consumer behaviour; internalisasi; aktualisasi; nilai-nilai lingkungan; perilaku konsumsi

Full Text:

PDF

References


Alamendah. 2014. 7 Cara Mudah Dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup. (Online), (http://alamendah.org/2014/09/07/7-cara-mudah-dalam-penyelamatan-lingkungan-hidup/, diakses 29 November 2015).

Mayasari, I. 2011. Pembentukan perilaku Konsumsi Siswa melalui Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi UNESA.

Naomi, N. 2011. Analisis Perilaku Konsumsi Produk Ramah Lingkungan pada Remaja: Aplikasi Model AIDA. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Rohidi, T.R. 1994. Pendekatan Sistem Sosial Budaya Dalam Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Triatmojo, R. Pengelola rumahjelajah.com http://www.rumahjelajah.com Labels: Lingkungan Hidup, Ramah Lingkungan, Tips.

Ulumiyah, A. & Harti. 2014. Pengaruh Pengetahuan Eco School terhadap Keputusan Pembelian Green Products pada Siswa SMAN 9 Surabaya. Jurnal Ekonomi UNESA.

Unesco-UNEP. 1994. Population: working for an aquitable, sustainable development in harmony with the environment. Connect, 19 (4):1—2.

Widyaningsih, T.S. 2014. Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SMP Dalam Perpektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 181—195.

Widyastuti, E. 2016. Efektivitas Proses Internalisasi Perilaku Konsumsi Ramah Lingkungan melalui Pendidikan Karakter Terpadu. Jurnal Prosiding Ekonomi NCEE UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License