ANALISIS PERUBAHAN KURIKULUM PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR

Slamet Yulianto, Roesdiyanto Roesdiyanto, Sugiharto Sugiharto

Abstract


The purpose of this study was to determine changes in the learning process PJOK with the changing demands of the curriculum as teacher professionalism competency. This study uses a qualitative approach to the type of phenomenology to explore nature data of the subject teacher. Data collection is done by the researchers as a key instrument by interview, observation and document analysis to the subject PJOK teachers in elementary school core of Malang. The results showed that, PJOK’s teachers have met the standards teachers professional, PJOK’s teachers is understood the concept of curriculum change and PJOK concept, but the learning process of PJOK was not appropiate infull with the demands of the curriculum change as professional competency teachers.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran PJOK yang dilakukan guru seiring dengan tuntutan perubahan kurikulum sebagai kompetensi keprofesionalan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi untuk menggali data alamiah dari subjek guru PJOK. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sebagai instrumen kunci dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen kepada subjek guru PJOK di SD inti kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru PJOK telah memenuhi standar profesi guru, guru PJOK telah memahami konsep perubahan kurikulum dan konsep PJOK, namun proses pembelajaran PJOK tidak maksimal sesuai dengan tuntutan perubahan kurikulum sebagai kompetensi keprofesionalan guru.


Keywords


analysis; curriculum; physical education; elementary school; analisis; kurikulum; PJOK; pembelajaran; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Annarino, A.A, dkk. 1980. Curriculum Theory and Design in Physical Education. London: The C. V. Mosby Company.

Askar. 2015. Hubungan anatara Sertifikasi Profesi, Motivasi Kerja, Kompetensi Kerja , Spiritualitas, dan Profesionalitas Kerja dengan Kinerja Guru pada SMK Negeri Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Basuki, S. 2015. Hubungan Pelaksanaan Supervisi, Budaya Sekolah, Semangat Kerja dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Dasar Negeri Kalimantan Selatan. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik Panduan Bagi Orangtua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djoko, A. 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar melalui Kegiatan KKG. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, A. 2010. Dampak faktor Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Pelatihan, Beban Kerja, Pengalaman Mengajar, dan Kemampuan Kognitif Guru terhadap Keprofesionalan Guru SMA di Kab. Aceh Besar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Krotee, M.L. & Bucher, C.A. 2007. Management of Physical Education and Sport. New York: McGraw-Hill.

Lumpkin, A. 2011. Introduction To Physical Education, Exercise Science, And Sport Studies Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.

Murtedjo. 2012. Hubungan Antara Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kecerdasan Emosional dan Menajeman Diri dengan Kinerja Guru SD Negeri kota Surabaya. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Permendikbud nomor 103. 2014. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kemendiknas.

Permendikbud nomor 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud nomor 22. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Schmottlach, N, dkk. 2010. Physical Education Activity Handbook. San Francisco: Benjamin Cummings.

Schieb, L. J. & Karabenick, S. A. 2011. Teacher Motivation and Professional Development: A Guide to Resources. Math and Science Partnership – Motivation Assessment Program, University of Michigan, Ann Arbor, MI. (Online). (http://mspmap.org/wp content/uploads/2011/10/TeachMotivPD_Guide.pdf.), diakses 5 April 2015.

Siedentop, D. 1990. Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. California: Mayfield Publishing Company.

Soenaryo, S.F. 2009. Pembelajaran dengan Bermain dan Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Pra-Sekolah. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Suprihatin, A. 2014. Implemantasi Pengelolaan Gugus Sekolah Dasar sebagai Wadah Pembinaan Kemampuan Profesional Pendidik dan tenaga Kependidikan (Studi Multisitus pada Tiga Gugus di Kota Malang). Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Surapranata, S. 2016. Guru Pembelajar Prubahan Paradigma PKB. Yogyakarta: Direktorat Jendral Guru dan tenaga Kependidikan.

Suwandi. 2010. Peran Guru dalam Manajeman Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License