PEMBELAJARAN BERBANTU KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA SMK KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

Anjar Afif Afandi, Mardji Mardji, Slamet Wibawanto

Abstract


This research aims to improve students understanding of the functions and workings circuit components on the subjects of sensor and actuator material and a light sensor heat sensor, improve the skills of students in the subjects of sensors and actuators, overcoming the lack of lab materials. This research was conducted using the method of classroom action research (PTK) and Taggart Kemmis models for 3 cycles through the four stages, namely: (a) planning, (b) action, (c) observation and (d) reflection. Practical learning strategies provided through computer simulations using a computer program Livewire Professional Edition. Understanding and skills in the definition, function, characteristics and workings of the circuit components of light sensor (LDR, and optoisolator phototransistor) and a heat sensor (thermistor) increasing from the first cycle, second cycle and third cycle. Limitations of equipment, materials and lab time can be solved by using the simulation lab simulator Livewire.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fungsi komponen dan cara kerja rangkaian pada mata pelajaran sensor dan aktuator materi sensor cahaya dan sensor panas, meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran sensor dan actuator, mengatasi permasalahan kurangnya bahan praktikum. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart selama 3 siklus melalui 4 tahapan, yaitu (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan dan (d) refleksi. Strategi pembelajaran diberikan melalui praktikum simulasi komputer menggunakan program komputer Livewire Professional Edition. Pemahaman dan keterampilan siswa terhadap pengertian, fungsi, karakteristik komponen dan cara kerja rangkaian sensor cahaya (LDR, fototransistor dan optoisolator) dan sensor panas (termistor) semakin meningkat mulai dari siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga. Keterbatasan alat, bahan, dan waktu praktikum dapat diatasi dengan praktikum simulasi menggunakan simulator Livewire.


Keywords


class action research; electronics industry; computer simulation; sensors; actuators; PTK; elektronika industri; simulasi komputer; sensor; aktuator

Full Text:

PDF

References


Lukman, M., Alfian Dzikri., Nining Astuti., Hamim Afif N., Mahmudz Reza F., Fika Puspitasari., Yohana Agustina., Miftahul

Ulum., Naviul Hasanah., Aziz Nurarifin., Itsnaniya Fatwanurani & Shobbah Sabilil. 2013. Buku Panduan Pelatihan

Aplikasi Teknologi Informasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan

Struktur Kurikulum SMK/MAK.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar

oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualitas Akademik dan

Kompetensi Guru.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Anjar Afif Afandi, Mardji Mardji, Slamet Wibawanto




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License