BAHAN AJAR BERBASIS CERITA UNTUK MENANAMKAN LITERASI EKONOMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Bayu Permata, Hari Wahyono, Cipto Wardoyo

Abstract


This research aims at developing economic literacy learning materials. This development research employed Design Based Research (DBR) which have particular characteristics. It aims at developing product based on the necessity and collaborateing with development result user (practitioners). Descriptive quantitative analysis was used to analyze the data regarding material validation score. The analysis was conducted to determine whether the learning material developed fulfills the criteria of validity. The validity was obtained from expertise validator. Validity data were analyzed using descriptive quantitative. The result of trials analysis obtained 80.25%. It indicates that picture based learning materias developed is appropariate. In addition, the learning material could improve the learning motivation of the students. It was showed by the result students’ response which obtained 78.91% (categorized as good). Supplementary, picture story based learning materials could improve students understanding on economic literacy. It indicated by the result of students’ response which obtained 75.35% and categorized as good.

Pengembangkan bahan ajar pada mata pelajaran IPS tentang literasi ekonomi, peneliti menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) yang memiliki ciri khusus, yaitu sebuah model penelitian pengembangan produk berdasarkan kebutuhan dan berkolaborasi dengan pengguna hasil pengembangan (praktisi). Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa skor dari hasil lembar validasi materi. Analisis dilakukan untuk menilai apakah bahan ajar beserta instrumen penilaian yang telah disusun memenuhi kriteria kevalidan. Validitas diperoleh dari validator ahli. Data kevalidan bahan ajar akan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis uji coba lapangan memiliki tingkat kevalidan sebesar 80,25%. Hal ini berarti produk bahan ajar berbasis bergambar pada uji coba lapangan masuk kategori layak digunakan. bahwa bahan ajar cerita bergambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktitan dengan tingkat persentase angket respon siswa mencapai 78,91% yang termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya, bahan ajar bercerita bergambar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar tentang literasi ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan tingkat persentase angket respon siswa mencapai 75,35% yang termasuk dalam kategori baik.


Keywords


learning material; quantum learning; picture story based learning material; economic literacy; bahan ajar; quantum learning; bahan ajar cerita berbasis gambar; literasi ekonomi

Full Text:

PDF

References


Ahmad dan Joko. 2009. Model Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Akbar, S dan Sriwijaya, Hadi. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Daryanto & Aris Dwi Cahyono. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Malang: Penerbit

Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gordon dan Dydren. 2003. Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.

Jappelli, T. 2009. Economic Literacy: An International Comparison. CSEF Working Paper No.238.

Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran dan Mengembangkan Standar Kompetensi Guru: PT Rosda Karya.

Muhammad, A. 2000. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru Algensindo.

Mukhtar. 2003. Metode Pembelajaran yang Berhasil. Jakarta: Nimas Muhina.

Oemar, H. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bayu Permata, Hari Wahyono, Cipto Wardoyo




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License