PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS GEOGRAFI SISWA SMA

Nila Puspita Sari, Budijanto Budijanto, Ach. Amiruddin

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of learning model Problem Based Learning (PBL) combined Numbered Heads Together (NHT) against metacognitive skills and critical thinking abilities geography high school students. This study is a quasi-experimental research with a quantitative approach. Subjects numbered 56 students consisting of two classes of class XI IPS 2 as an experimental class and class XI IPS 1 as the control class. The research instrument is an essay test amounted to 8 essay test questions for metacognitive and critical thinking which consists of 4 questions about the pretest and 4 questions posttest. The analysis technique used is the unpaired t-test (Independent Samples t-Test). Statistical test results metacognitive skills significance value 0.016 <0.005, with the average value of gain score the experimental class higher at 17 compared to the control class is 12.  As for the value of critical thinking skills acquired significance 0.001 <0.005 with average value Score Gain experimental class is higher at 18 compared with the control class is equal to 12. Based on these results it can be concluded that there are significant application of learning models Problem Based Learning (PBL) combined Numbered Heads Together (NHT) against metacognitive skills and critical thinking skills in high school students Environment material.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 56 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai berjumlah 8 soal tes essay untuk metakognitif dan berpikir kritis yang terdiri dari 4 soal pretest dan 4 soal posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan (Independent Samples t-Test). Hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi keterampilan metakognitif 0,016<0,005, dengan nilai rata-rata Gain Score kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 17 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 12. Sementara itu, untuk nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis diperoleh 0,001<0,005 dengan nilai rata-rata Gain Score kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 18 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 12. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan kritis pada materi Lingkungan Hidup siswa SMA


Keywords


problem based learning; numbered heads together; metacognitive skills; critical thinking skills; problem based learning; numbered heads together; keterampilan metakognitif; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Anjani, D. 2014. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Naskah Publikasi diterbitkan. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/30118/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf, diakses 13 Agustus 2015).

Brookfield, S. 2012. Teaching for Critical Thinking: Tools and Techniques to Help Students Question Their Assumptions. San Fransisco: Jossey-Bass.

Corebima, dkk. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X Dengan Penerapan Strategi Permberdayan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelEE88BC4B01504CB71615F1D280FAF7AE.pdf, diakses 24 September 2015).

Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kharisma, T. 2012. Kemampuan Berpikir Analitis dan Kritis, (Online), (http://thabilkharisma.blogspot.com/2012/01/kemampuan-berpikir-analitis-dan-kritis.html, diakses 27 Januari 2015.

Kusumaningtias, A. 2012. Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, N. P. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Kegiatan Debate terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Lingkungan Hidup Siswa SMA, (Online), (http://mulok.library.um.ac.id, diakses 30 Maret 2016).

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Shanon & College. 2008. Using Metacognitive Strategies and Learning Styles to Create Self-Directed Learners. Institute for Learning Styles Journal Vol.1, (Online), (http://www.auburn.edu/, diakses 20 September 2015).

Simamora, M., dkk. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Biologi Melalui Assesmen Pemecahan Masalah di SMA NEGERI 5 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Kependidikan FKIP Universitas Jambi. (Online), (http://www.e-campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1C410049.pdf, diakses 20 Agustus 2015.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Usman, A. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Didukung Metode Resitasi terhadap Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, dan Karakter Siswa pada Pembelajaran Biologi SMAN di Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif (Teori dan Assesmen). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nila Puspita Sari, Budijanto Budijanto, Ach. Amiruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License