ANALISIS PERMASALAHAN GURU DAN SISWA TERKAIT PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BERBASIS INQUIRY DAN KETERAMPILAN PENULISAN LAPORAN ILMIAH

Wahyu Sekti Retnaningsih, Elsje Theodora Maasawet, Didimus Tanah Boleng

Abstract


The purpose of this study is to obtain (1) an overview of junior high school teachers 'understanding of science based biology instructional tools and scientific report writing skills; (2) description of students' ability to write scientific reports; (3) formulation and solution to solve teacher and student problems related to inquiry-based learning And writing skills of scientific reports. A description of teacher and student understanding is determined by interviews and questionnaires are analyzed descriptively qualitatively. The result of this research is known that (1) the understanding of biology science teachers related to inquiry based biology learning device is still in the less category so that the learning process is less fun and the result is less than maximal; (2) the biology science teachers still have difficulties in the development of learning tools so it needs training, refrensi and socialization; (3) students' skills in writing scientific reports are still in the category of less; (4) the need for training and guidance to develop scientific report writing skills.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh (1) gambaran pemahaman guru SMP terkait perangkat pembelajaran IPA Biologi berbasis Inquiry dan keterampilan penulisan laporan ilmiah; (2) gambaran kemampuan siswa dalam menulis laporan ilmiah; (3) rumusan dan solusi dalam mengatasi permasalahan guru dan siswa terkait pembelajaran berbasis inquiry dan keterampilan menulis laporan ilmiah. Gambaran pemahaman guru dan siswa ditentukan dengan wawancara dan penyebaran angket dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) pemahaman guru IPA Biologi terkait perangkat pembelajaran Biologi berbasis inquiry masih kategori kurang sehingga proses pembelajaran kurang menyenangkan dan hasilnya kurang maksimal; (2) guru IPA Biologi masih mengalami kesulitan dalam pengembangan perangkat pembelajaran sehingga memerlukan pelatihan, referensi dan sosialisasi; (3) keterampilan siswa dalam penulisan laporan ilmiah masih dalam kategori kurang; (4) perlu adanya pelatihan dan bimbingan untuk mengembangkan keterampilan penulisan laporan ilmiah.


Keywords


needs analysis; inquiry model based learning; scientific report writing; kebutuhan analisis; model pembelajaran inkuiri; penulisan laporan ilmiah

Full Text:

PDF

References


Kariawan, I.G. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Setting Model Pembelajaran Inkuiri untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. e-Journal Program

Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1).

Sofiani, E. 2011. Pengaruh model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Hasil belajar Fisika Siswa pada Konsep Listrik

Dinamis. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: PT. Bumi Aksara.

Wartono. 2014. Model Pembelajaran Biologi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Yamin, M. 2008. Teknik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung persada Press.

Zuhdan, Kun & Tim. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif,

Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wahyu Sekti Retnaningsih, Elsje Theodora Maasawet, Didimus Tanah Boleng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License