ANALISIS PERMASALAHAN GURU TERKAIT PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA DAN PEMECAHANNYA

Siti Yuliani, Makrina Tindangen, Vandalita Rambitan

Abstract


The aim of this study was to determine the problems and constraints faced by teachers of SMP Negeri 19 Samarinda associated drafting device science learning through guided inquiry learning model. The method used is the method of percentage based on the answers of a questionnaire distributed to all the science teacher at SMPN 19 Samarinda related devices guided inquiry-based learning models. Results observation concerns the teachers and students were analyzed descriptive qualitatively shows that teachers' understanding related devices science teaching model based inquiry guided still very low, so its use in the learning process has not run optimally, teachers experienced problems in the manufacture of devices based learning model of inquiry guided due to lack of training and socialization in the device pengembangangan inquiry-based learning models. Furthermore, in the learning process requires teachers who support the models and approaches to increase motivation in students learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan dan kendala yang dihadapi guru SMP Negeri 19 Samarinda terkait penyusunan perangkat pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode presentase berdasarkan hasil jawaban dari kuesioner yang disebarkan kepada seluruh guru IPA di SMP Negeri 19 Samarinda terkait perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing. Hasil observasi permasalahan guru dan siswa yang dianalisis secara deskriftif kualitatif menunjukkan bahwa pemahaman guru terkait perangkat pembelajaran IPA berbasis model Inkuiri terbimbing masih sangat rendah sehingga penggunaannya pada proses pembelajaran belum berjalan secara optimal, guru mengalami kendala dalam pembuatan perangkat pembelajaran berbasis model Inkuiri terbimbing karena kurangnya pelatihan dan sosialisasi dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model Inkuiri. Selanjutnya dalam proses pembelajaran guru memerlukan model dan pendekatan yang menunjang siswa untuk meningkatkan motivasi dalam belajar.


Keywords


needs assessment; learning tools; guided inquiry; biology; analisis kebutuhan; perangkat pembelajaran; inkuiri terbimbing; biologi

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta. Grasindo.

Barthlow, Michelle J. 2011. The effectiveness of Process Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternate Conceptions in Secondary Chemistry. PhD Thesis. Liberty University.

Bintary, N.L.G.R.P., Sudiana, I.N. & Putrayasa, I.B. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha. 3.(1).

Chodijah, S. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 1: 1—19.

Chotimah, N. 2011. Development of The Learning Tools Visionary Sets Material Coordination System. BIOMA.

Darkasyi. M, J.A. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1).

Hakim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, G. & Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1): 90—96.

Hanif., Ibrohim. & Fatchur, R. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11):2163—2171.

Liliasari, M. 2001. Model Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru sebagai Kecenderungan Baru pada Era Globalisasi. Journal Pengajaran MIPA. 54—66.

Maryati. 2009. Peningkatan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sragen Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nuraini., Tindangen. M., Maasawet, E. 2016. Analisis Permasalahan Guru terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa terkait Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10):2066—2070.

Satyawati, Ni Nyoman S.B. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis LKS terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Siswa Kelas X

SMAN 1 Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan. 2 (2).

Rohman, M. & Amri, S. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Wijayati, N., Kusumawati, I. & Kushandayani, T. 2008. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (2): 281—286.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Siti Yuliani, Makrina Tindangen, Vandalita Rambitan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License