BELAJARAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MEMAHAMKAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

Widi Ardianto, Cholis Sa’dijah, Dedi Kuswandi

Abstract


This research purposes to describe scientific instruction using manipulative media to improve student’s conceptual understanding on addition and substraction of integers. This research is Classroom Action Research (CAR). The results showed that through observing, questioning, experimenting, reasoning, and communicating stages of scientific instruction can improve student’s understanding of mathematical concepts by 8.6% and the thoroughness of learning outcomes by 11.11% thereafter two cycles.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran saintifik berbantuan media manipulatif yang dapat memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran saintifik dengan tahapan-tahapan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan diperoleh hasil peningkatan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 8,6% dan ketuntasan hasil belajar sebesar 11,11% setelah dilaksanakan dua siklus.


Keywords


scientific instruction; manipulative media; conceptual understanding; integers; pembelajaran saintifik; media manipulatif; pemahaman konsep; bilangan bulat

Full Text:

PDF

References


Aini, K.N., Purwanto & Cholis Sa’dijah. 2016. Proses Koneksi Matematika Siswa Berkemampuan Tinggi dan Rendah dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (3):377—388, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6164/2605, diakses 9 Maret 2017).

Ananggih, G.W. 2017. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Kelas IX SMP. Jurnal Kajian dan Pembelajaran Matematika, (Online), 1 (1), (http://journal2.um.ac.id/index.php/jpm/article/view/252, diakses 9 Maret 2017).

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahbah, S., Golden, B.W., Roseler, K., Elderle, P., Saka, Y & Shoutherland, S.A. 2013. The Influence of RET’s on Elementary and Secondary Grade Teachers’ Views of Scientific Inquiry. International Education Studies, (Online), 6 (1):117—131, (http://dx.doi.org/10.5539/ies.v6n1p117, diakses 9 Maret 2017).

Boggan, M., Harper, S. & Whitmire, A. 2010. Using Manipulatives to Teach Elementary Mathematics. Journal of Instructional Pedagogies, (Online), 3 (1):1—6, (https://eric.ed.gov, diakses 9 Maret 2017).

Carbonneau, K. J., Marley, S. C. & Selig, J.P. 2013. A Meta-Analysis of the Efficacy of Teaching Mathematics with Concrete Manipulatives. Journal of Educational Psychology, (Online), 105 (2): 380-400, (https://eric.ed.gov), diakses 9 Maret 2017.

Corlu, M., A. & Corlu, M., S.M. 2012. Scientific Inquiry Based Professional Development Models in Teacher Education. Educa-tional Sciences: Theory & Practice, (Online), 12 (1): 514—521, (http://www.edam.com.tr/estp), diakses 9 Maret 2017.

Crystal, A. 2007. An Action Based Research Study On How Using Manipulatives will Increase Students’ Achievement in Math-ematics. (http://www.eric.ed.gov/PDFS/ED499956.pdf, diakses 9 Maret 2017).

Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2009. Diklat Instruktur Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: De-partemen Pendidikan Nasional.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gelisli, Y. & Beisenbayeva, L. 2017. Scientific Inquiry Competency Perception Scale (The Case of Kazak Post-Graduate Stu-dents) Reliability and Validity Study. International Journal of Instruction, (Online), 10 (1):273—288, (http://www.e-iji.net, diakses 9 Maret 2017).

Hanah, R., Gatot Muhsetyo & Sisworo. 2016. Penggunaan Bahan Manipulatif untuk Memahamkan Materi Peluang pada Siswa SMP dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengem-bangan, (Online), 1 (5):927—939, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6312/2697, diakses 9 Maret 2017).

Herawati, A. 2013. Pembelajaran Kooperatif TAI dan Game Puzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 1 (2):126—132, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4155, diakses 9 Maret 2017).

Iadipaolo, D. 2010. Manipulatives Make Abstract Math Concepts Concrete. (http://www.lessonplanet.com/directory_articles/math_lesson_plans/15_April_2010/342/manipulatives_make_abstract_math_concepts_concrete, diakses 9 Maret 2017).

Iskandar, S.M. & Cholis Sa’dijah. 2003. Persepsi dan Pengetahuan Guru Kelas-kelas Awal Sekolah Dasar di Jawa Timur ter-hadap Pembelajaran Terpadu dalam Bidang MIPA. Jurnal Penelitian Kependidikan. Vol. 13, No. 1, Juni 2003.

Kelly, C. 2006. Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance-Based Analysis. The Montana Mathe-matics Enthusiast. (Online), 3 (2):184—193, (http://www.math.umt.edu, diakses 11 Juli 2016).

Kemdikbud. 2013. Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Kusmaryono, I. & Suyitno, H. 2016. The Effect of Constructivist Learning Using Scientific Approach on Mathematical Power and Conceptual Understanding of Students Grade IV. Journal of Physics, (Online), Series 693:1—10, (http://iopscience.iop.org/1742-6596/693/1/012019, diakses 9 Maret 2017).

Lestari, S. 2014. Pembelajaran Kontekstual Bermedia Objek Nyata pada Perkalian dan Pembagian untuk Meningkatkan Moti-vasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 2 (4):238—249, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/, di-akses 9 Maret 2017).

Majid, A. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardiah, A., Heri Suwignyo & Dedi Kuswandi. 2016. Pengembangan Modul Membaca Intensif Materi Cerita Petualangan Ber-basis Saintifik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (6):1115—1119, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6455/2736 , diakses 9 Maret 2017).

Muhsetyo. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Pramita, M., Sri Mulyati S & Hery Susanto. 2016. Implementasi Desain Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan Pendeka-tan Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (3):289—296, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6150/2595, diakses 9 Maret 2017).

Romadiyah, U. 2014. Pembelajaran STAD dan TSTS Bermedia Ice Cream Stick pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 2 (2):93—104, (http://journal.um.ac.id/index.php/ jps/article/view/4502/975, diakses 9 Maret 2017).

Sa’dijah, C. 2004. Pembelajaran Matematika yang Berbasis Pendekatan Problem Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SLTP. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran.Volume 11, No. 1, April 2004.

Sa’dijah, C. 2008. Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP Menggunakan Pembelajaran Matematika Bersetting Kooperatif. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIV Program Studi Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.

Sa’dijah, C. 2009. Asesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif. Jilid 4, Nomor 2, Maret 2009 hlm 92—95.

Samatowa, U. 2011. Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Sanjaya, W. 2012. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, P. & Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.

Tjiptiany, E.N., Abdur Rahman As’ari & Makbul Muksar. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (10):1938—1942, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6973/3071, diakses 9 Maret 2017).

Ulfa, N. 2013. Penggunaan Media Bangun Geometri untuk Menanamkan Konsep Penjumlahan Pecahan. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 1 (3):249—257, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4170/827, diakses 9 Maret 2017).

Ulia, N. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Group investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa. (Online), 3 (2):55—68, (http://tunasbangsa.stkipgetsempena.ac.id., diakses 9 Maret 2017).

Wahyuni, S. 2014. Metode Bermain Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 2 (2):105—113, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4503/976, diakses 9 Maret 2017).

Wigraha, A. Y., Halimah & Yunansah, L.H. 2015. Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Konsep Pesawat Sederhana. Antologi UPI, (Online), 3 (2):1—8, (http://kd-cibiru.upi.edu/jurnal/index.php/antologipgsd/, diakses 9 Maret 2017).

Vitiarti. 2014. Pembelajaran Kontekstual Matematika Bermedia Manik-Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 2 (4):250—259, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4540/1004, di-akses 9 Maret 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widi Ardianto, Cholis Sa’dijah, Dedi Kuswandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License