IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS BUDAYA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Suhartati Suhartati, Sa’dun Akbar, Muhana Gipayana

Abstract


This study aims to determine how the aplication of Lesson study based cultural of Special Region Yogyakarta (DIY) in the class V. The problem in this research is how the implementation of lesson study based cultural of DIY in class VB SD Islam Surya Buana. The purposes of this study to determine the application of the lesson study based cultural of DIY in class VB SD Islam Surya Buana. Collecting data in this study using techniques of documentation, observation, and interviews. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis techniques. The results showed that the implementation of lesson study based cultur DIY study received a positive response from students and teachers.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan lesson study berbasis budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di kelas V Sekolah Dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan lesson study bermuatan budaya DIY  di kelas VB SD I Surya Buana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan lesson study berbasis budaya DIY di kelas VB SD I Surya Buana. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study berbasis budaya DIY mendapat respon yang positif dari siswa dan guru.


Keywords


lesson study; culture of DIY; lesson study; budaya DIY

Full Text:

PDF

References


Creswel, J.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendayana, S, dkk. 2006. Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Rusman. 2010. Model-Model Pemebelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Suardana, I Nyoman, Liliasari & Ismunandar. 2013. Peningkatan Penguasaan Konsep Mahasiswa melalui Praktikum Elektrolisis Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (Online), 20 (1), (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran, diakses 4 April 2017).

Subekti, A, dkk. 2014. Buku Siswa SD Kelas 5 Tema 4: Sehat Itu Penting. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Sukirman. 2006. Peningkatan Keprofesionalan Guru Melalui Lesson Study. Makalah disajikan dalam Pelatihan Lesson Study bagi Guru Berprestasi dan MGMP MIPA SMP Seluruh Indonesia, Yogyakarta, 26 November—10 Desember 2006.

Susiana, N & Fransiska Suhandi. 2014. Program Lesson Study untuk Meningkatkan Kompetensi dan Profesional Guru PAUD di Sekolah XYZ Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (Online), 21 (1), (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran, diakses 4 April 2017).

Wijaya, N., Arbaiyah Prantiasih & Sri Untari. 2013. Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran Mata Pelajaran PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel74E56D355C7980ACCEDBAB07024F9D4F.pdf, diakses 4 April 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Suhartati Suhartati, Sa’dun Akbar, Muhana Gipayana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License