PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PECAHAN

Arif Yunet Priyo Tatagno, Cholis Sa’dijah, Sa’dun Akbar

Abstract


This research aims to describe of implementation authentic assessment on contextual teaching and learning of the fraction. The subjek of this research is 28 students fourth grades of elemantary school in academic year of 2016/2017. The implementation of authentic assessment in the contextual teaching and learning of the fraction especially performance assessment is. (1) constructing of the students knowledge, (2) observation to find of the problem, (3) using question activity, (4) disscution (using performance assessment), (5) give the models in the learning (using performance assessment), (6) reflection (using performance assessment). Authentic assessment especially performance.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran kontekstual pada materi pecahan. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV sekolah dasar tahun pelajaran 2016/2017. Penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran kontekstual pada materi pecahan, khususnya asesmen kinerja terbagi dalam enam jenis, yaitu (1) mengembangkan pengetahuan siswa, (2) melaksanakan pengamatan untuk menemukan permasalahan, (3) mengembangkan rasa ingin tahu siswa dengan kegiatan bertanya, (4) menciptakan masyarakat belajar dengan diskusi (asesmen kinerja), (5) menghadirkan model dalam pembelajaran (asesmen kinerja), dan (6) melaksanakan refleksi (asesmen kinerja). Asesmen autentik khususnya yang berupa asesmen kinerja dilaksanakan dengan mengintegrasikannya dalam langkah pembelajaran kontekstual.


Keywords


contextual teaching and learning; authentic assessment; fraction; pembelajaran kontekstual; asesmen autentik; pecahan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S. 2016. Best Practices Pendidikan Karakter. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016“ Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)‟, Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana, UM, Malang, 24 Mei 2016.

Akbar, S. 2016. Internalisasi Nilai-nilai Kebaikan dalam Pembelajaran di Kelas SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 “ Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)‟. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 “ Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)‟, Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana, UM, Malang, 24 Mei 2016.

Arifin, Z. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto & Muljo Rahardjo. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Denny, W. 2015. Pembelajaran Bermakna pada Perkalian Pecahan Kelas V SD Loce Tahun Pelajaran 2014/2015. J-TEQIP Tahun VI Nomor 1 Mei 2015.

Gronlund, N.E, & Wough, C. K. 2009. Assessment of Student Achievement. Boston: Pearson Education, Inc.

Johnson, E.B. 2010. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa Learning.

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

O’Malley, J. Malley & Pierce, Lorraine Valdez. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners. USA: Addison-Wesley Publishing

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Menengah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (Online), (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2016/07/19/permendikbud-2016-no-24-tahun-tentang-kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar/, diakses 15 Oktober 2016).

Sa’dijah, C. 2001. A Case Study of The Implementation of Alternative Assessment in Mathematics. MIPA. (Online), 30 (2):192—204, (http://fmipa.um.ac.id/index.php/karya-ilmiah-dosen/192-mipa-tahun-30-nomor-2-juli-2001.html, diakses 20 Februari 2017).

Sa’dijah, C. 2009. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. (Online), 4 (2):92—95 (http://fmipa.um.ac.id/index.php/karya-ilmiah-dosen/179-jurnal-pendidikan-inovatif-jilid-4-nomor-2-maret-2009-hal-92-95.html, diakses 01 November 2016).

Sa’dijah, C. 2011. Kemampuan Partisipasi dan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis dengan Setting Kooperatif. Makalah disajikan dalam Semnastika Matematika Membangun Insan Kritis dan Kreatif, UNESA, Surabaya, 22 Oktober 2011.

Sa’dijah, C & Sukoriyanto. 2015. Asesmen Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Arif Yunet Priyo Tatagno, Cholis Sa’dijah, Sa’dun Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License