PENGEMBANGAN BUKU PENUNJANG MATERI KULIAH APRESIASI CERPEN UNTUK PENANAMAN NILAI KARAKTER MAHASISWA PBSI

Yoga Prasetya, Yuni Pratiwi, Nita Widiati

Abstract


This study was aimed to produce complement book material for short stories appreciation course that satisfied some aspects in the term of content, presentation, linguistic and display as well as (2) to describe the effectiveness result of the complement book of short stories appreciation course based on the field trials. The developing model used in this study was adapting the research model of Research and Development (R&D) by Borg and Gall. The product was validated by experts; short stories expert, short stories appreciation expert, and material design expert. The result of the product validation, then, divided into four aspects, such as content, presentation, linguistic, and display. Based on the validation, it showed that the product was accepted well by the students. It can be seen from the mean of the posttest, 70. So it can be concluded that the product was effective and can be applied in the teaching learning activity.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku penunjang materi kuliah apresiasi cerpen yang memenuhi aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan tampilan serta mendeskripsikan hasil uji keefektifan buku penunjang materi kuliah apresiasi cerpen berdasarkan hasil uji coba di lapangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model R & D (Borg dan Gall). Produk yang telah dikembangkan, divalidasi oleh ahli, yang meliputi ahli cerpen, ahli pembelajaran apresiasi cerpen, dan ahli desain bahan ajar. Aspek yang divalidasi, yaitu isi, penyajian, kebahasaan, dan tampilan. Hasil uji keefektifan produk ini dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa. Hal tersebut dapat dilihat pada rata-rata hasil postes mahasiswa sebesar 70 bila dibandingkan dengan rata-rata hasil pretes mahasiswa sebesar 37,81. Dengan demikian, produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan efektif dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.


Keywords


development of complement book; short stories appreciation; students character values; pengembangan buku penunjang; apresiasi cerpen; nilai karakter mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Abrams, M.H. 1999. A Glossary of Literary Terms. United States of America: Heinle & Heinle.

Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Borg, W & Gall, M.D. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Elyusra. 2015. Tujuan Pembelajaran Sastra di FKIP. (Online), (https://adabundaguru.com/2015/02/06/tujuan-pembelajaran-sastra-di-fkip/, diakses 01 Desember 2015).

Firmansyah. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas IX SMP. (Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/49725, diakses 01 Desember 2016.

Hatmo, K.T. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Prosa Fiksi di Sekolah Menengah Pertama dengan Pendekatan Quantum Learning. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Isroah. 2015. Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akuntansi. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpak/article/download/6700/4564, diakses 14 Oktober 2016).

Joyce, B., Weil, M & Calhoum, E. 2011. Models of teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kangiden, N. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Multikulturalisme bagi Mahasiswa Prodi PBSI. Disertasi tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kanzunnudin, M. 2012. Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter. (Online), (http://eprints.umk.ac.id/384/1/PROSIDING_SEMINAR_NASIONAL_PENDIDIKAN_(PENDIDIKAN_UNTUK_KEJ.205-214.pdf, diakses 14 Oktober 2016).

Nugraha, D.A, Binadja, A & Supartono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education 2(1), (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise, diakses 10 April 2017).

Permenristekdikti. 2015. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pradotokusumo, P.S. 2008. Pengkajian Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pranata, M. 2013. Pendidikan Karakter: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Seni. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yoga Prasetya, Yuni Pratiwi, Nita Widiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License