BUKU AJAR BIOTEKNOLOGI BERBASIS BIOINFORMATIKA DENGAN MODEL ADDIE

Alvina Putri Purnama Sari, Mohamad Amin, Betty Lukiati

Abstract


Mastery of science and technology by students to be things that need attention in the 21st century. One step that can be done by developing textbooks biotechnology with material bioinformatics Learning bioinformatics is to use information technology in managing biological data sharing. The development process is done by adapting the ADDIE model. ADDIE development model used for the systematic steps, detail, and result in products by applying the specific context.

Penguasaan IPTEK oleh mahasiswa menjadi hal yang perlu diperhatikan di abad 21. Salah satu langkah yang dapat dilakukan dengan mengembangkan buku ajar Bioteknologi dengan menyajikan materi bioinformatika. Pembelajaran bioinformatika yaitu menggunakan teknologi informasi dalam mengelola berbagi data biologi. Proses pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE digunakan karena langkahnya yang sistematis, detail, dan menghasilkan produk dengan mengaplikasikan konteks yang spesifik.


Keywords


textbook; bioinformatics; ADDIE; buku ajar; bioinformatika; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amin, M. 2010. Implementasi Hasil-hasil Penelitian Bidang Biologi dalam Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 2010.

Amin, M. 2016. Pesatnya Perkembangan Biologi dan Tantangan Pembelajarannya pada Abad 21. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anusha, R. & Rama, N. 2014. Emerging Technological Applications for Teaching and Learning Process. International Journal of Scientific and Research Publications, 4 (2):1—3.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media.

Budiaji, W. 2013. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2 (2):127—133.

Fitriyati, U., Nandang Mufti & Umie Lestari. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Riset pada Matakuliah Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sains. (Online) 3 (3):118—129, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/7995/3639, diakses 10 April 2017).

Hidayat, W.N., Muladi & M. Alfian Mizar. 2016. Studi Integrasi TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (12):2281—2291, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8228/3758, diakses 10 April 2017).

Hogeweg, P. 2011. The Roots of Bioinformatics in Theoretical Biology. Plos Computational Biology, 7 (3):1—5.

Juliana, K., Mohamad Amin & Endang Suarsini. 2016. Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Biologi Sel dengan Pendekatan Bioinformatika untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (9):1677—1683, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6834/3015, diakses 10 April 2017).

Katalog FMIPA UM 2016 Jurusan Biologi 2016. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud 2014 tentang Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Jakarta: Dirjendikti.

Kharkar, P. S., Warrier, S & Gaud, R. S. Reverse Docking a Powerful Tool for Drug Repositioning and Drug Rescue. Future Med. Chem., 6 (3):333—342.

Klopfer, E., Osterweil, S., Groff, J & Haas, J. 2009. Using the Technology of Today in the Classroom Today. Massachusetts Institute of Technology: Creative Commons.

Lynch, C. 1999. Medical Libraries, Bioinformatics, and Networked Information: a Coming Convergence?. Bull Med Libr Assoc, 87 (4):408—414.

Rates, S.M.K. 2001. Plant as Source of Drugs. Toxicon, 39:603—613.

Robinson, Sharon P. & Kay, Ken. 2010. 21st Century Knowledge and Skills In Educator Preparation. American Association of Colleges of Teacher Education and The Partnership for 21st Century Skills (P21).

Rusdiana, E.H. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Cahaya dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sari, A.P.P., Mohamad Amin & Betty Lukiati. 2016. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi UM. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional & Workshop Biologi, IPA, dan Pembelajarannya pada 15—16 Oktober 2016, FMIPA Universitas Negeri Malang.

Saroni, N., Widodo, H.S & Mudiyono, A. 2016. Analisis Keterbacaan Teks pada Buku Tematik Terpadu Kelas V SD berdasarkan Grafik Fry. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi” pada tanggal 25 September 2016, Kampus PP2 Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yuan, H., Ma, Q & Piao, G. 2016. The Traditional Medicine and Modern Medicine from Natural Products. Molecules, 21:1—18.

Zahro, N.H. 2015. Analisis Tingkat Keterbacaan dalam Buku Teks Pembelajaran Tematik terpadu Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Kelas 2. NOSI, 3 (2):176—185.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Alvina Putri Purnama Sari, Mohamad Amin, Betty Lukiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License