PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS BUDAYA LOKAL DI MADURA
Abstract
This study was aimed to identify the significant differences of social studies learning result between a group of students who used local genius based contextual approach and a group of students who used conventional learning approach. The design of this study was quasi experiment with non equivalent pretest-posttest only control group design. The population of this study was students of all grade eight which consists of 97 students. Purposive sampling technique was used to get the samples for this study. The experimental group was class VIII C and the control group was class VIII D. The researcher got the data of the students learning result by administering test which consisted of 20 questions of multiple choices. Independent sample t-test was used to analyze the data. From the result of this study, the researcher concluded that there was significant differences of students learning result between students who used local genius based contextual approach and students who used conventional learning approach. It can be seen from the result of t-test which used independent sample t-test.T-value was higher than T-table, (2.811>1.679).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal dan siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 97 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII-C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar IPS dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan independent sampel t-tes (uji-t). Hasil penelitian menyimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok yang melaksanakan dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal dan kelompok yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis independent sample t-test dengan t hitung lebih besar daripada t-tabel (2,811>1,679).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hariyono. 2016. Pendidikan dan Peradaban Bangsa, Peran Pendidik sebagai Pemberadab Bangsa. Jurnal. Proseding Seminar Nasional Jurusan KSDP-Prodi S1-PGSD. Universitas Negeri Malang.
Johnson, E.B. 2014. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Penerbit Kaifa.
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Makulua, I.J., J.E.Toenlioe & Sulton. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (10):1935—1937, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6972/3070, diakses 25 Maret 2017).
Nurhadi, Yasin, Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Press.
Sumarmi. 2015. Model-model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Yudiawan, P.I.W. 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa C.1 Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), 5 (1):1—9, (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1572/1228, diakses 25 Maret 2017).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Adi Gunawan, Hariyono Hariyono, Ari Sapto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |