PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI SMA “PEMBUATAN NATA SARI BUAH NANGKA”
Abstract
Handout can help students to improve their lesson and help them accept new information easier. The purpose of this research is to produce a Handout for Biotechnology. This development model uses 4D Thiagarajan model (1974). Handout trial subjects include: expert media validator, material expert validator, field practitioners and respondents as many 20 students of class XII as respondents. Data collection technique is done by questionnaire. The research results of this study is the Biology Handout for Senior High School students title Nata de Jack Fruit has been done. This handout is worthy of being used as a learning media for class XII on Biology material.
Handout dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman dan memperoleh informasi baru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan Handout materi Bioteknologi. Model pengembangan ini menggunakan model 4D Thiagarajan (1974). Subjek uji coba handout meliputi validator ahli media, validator ahli materi, praktisi lapangan dan responden sebanyak 20 orang siswa kelas XII. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Hasil penelitian ini adalah Handout Biologi SMA dengan judul Pembuatan Nata de Nangka telah tersusun. Handout ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi kelas XII.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Apriyanti, F. D., Isnawati. & Evie, R. 2014. Pengembangan LKS Nata De Siwalan Beorientasi Kecakapan Hidup Materi Bioteknologi untuk SMA. Jurnal Bioedu, 3 (3):637—641. (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/9599/12678, diakses 23 September 2016).
British Columbia Institute of Technology. 2010. Preparing and Using Student Handout. (Online), (http://www.bcit.ca/files/ltc/pdf/ja_studenthandouts.pdf, diakses 22 November 2016).
Hera, R., Khairil & Hasanudin. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkuliahan Perkembangan Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2 (2):187—250.
Muhajir, A. M. 2015. Pengembangan Penuntun Praktikum Bioteknologi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Binamu Kab. Jeneponto. Jurnal Biotek, 3 (1):125—132.
Ningtyas, R. & Tri N. H.Y. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran. Jurnal Scholaria, 4 (3):42—53.
Novitaningrum., Parmin & Stephani D. P. 2014. Pengembangan Handout IPA Terpadu Berbasis Inkuri pada Tema Mata untuk Kelas IX Siswa MTs Al-Islam Sumurejo. Unnes Science Education Journal, 3 (2):542—548.
Rahmah, F. J & Joni S.W. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Kelas X Ak. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2 (2), (Online), (ejournal.unesa.ac.id/article/12085/52/article.pdf, diakses 28 Oktober 2016).
Subiantoro, A. W. 2011. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Makalah yang disampaikan pada Kegiatan “Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan” bagi guru-guru MGMP IPA SMP Kota Yogyakarta.
Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9943
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yessi Hermawati, Utami Sri Hastuti, Betty Lukiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |