STUDI EKSPLORASI PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR DI SD PILANGGEDE KECAMATAN BALEN KABUPATEN BOJONEGORO

Fatiya Rosyida, Khofifatu Rohmah Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan bencana banjir siswa SD Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Pengetahuan merupakan faktor utama dan menjadi kunci untuk kesiapsiagaan. Pengetahuan yang dimiliki biasanya dapat memengaruhi sikap dan kepedulian untuk siap siaga dalam mengantisipasi bencana. Anak-anak sejak usia dini harus diberi pemahaman yang tepat tentang bentuk-bentuk bencana yang mungkin menimpa daerahnya dan cara-cara menghadapi bencana ketika datang secara tiba-tiba. Kerentanan anak-anak terhadap bencana dipicu oleh faktor keterbatasan pemahaman tentang risiko di sekeliling mereka, yang mengakibatkan tidak adanya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. SDN Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu yang mengalami banjir setiap tahun.  Bukan hanya gedung sekolah yang mengalami banjir, tetapi sebagian besar tempat tinggal siswanya juga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Survei dilakukan untuk mengetahui gambaran kondisi pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan siswa terhadap bencana banjir yang terjadi di lingkungaannya. Selanjutnya, dilakukan analisis deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari observasi dan penyebaran angket yang dilakukan pada siswa kelas 3 sampai 6 SD Pilanggede. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang bencana banjir masih kurang dibuktikan dengan pemahaman tentang penyebab dan kejadian banjir yang rendah. Sikap yang ditunjukkan siswa dalam mengurangi risiko banjir juga cukup rendah yang dibuktikan dengan bermain saat terjadi banjir dan penggunaan elektronik saat banjir serta penyediaan perlengkapan sangat minim. Temuan tambahan dalam penelitian ini adalah sudah pernah ada pembelajaran tentang bencana banjir dan cara mengatasinya, tetapi tidak dilanjutkan lagi.

Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan Banjir.

 

Astract

This study aims to determine the knowledge and attitude of flood disaster preparedness of Elementary School Pilanggede, District Balen, Bojonegoro. Knowledge is a key factor to preparedness. Knowledge can affect the attitude and awareness to standby in anticipating the disaster. Children from an early age should be given a proper understanding of the types of disasters that may be affecting their area and ways of dealing with disasters when it comes suddenly. The vulnerability of children to disasters is triggered by a limited understanding of the risks surrounding them, resulting in a lack of preparedness in the face of disasters. Elementary School Pilanggede District Balen, Bojonegoro is one that has flood every year. Not only the school buildings are flooded, but most of the students live as well. This research uses quantitative approach with survey method. The survey was conducted to find out the description of the condition of knowledge and attitude of student preparedness to the flood disaster that occurred in the environment. Furthermore, a descriptive analysis was conducted. The data needed in this research is primary data obtained from observation and spreading of questionnaire conducted at grade 3 to 6 Elementary School Pilanggede. The research findings indicate that students' knowledge of the flood disaster is still poorly proved by an understanding of the causes and occurrence of low floods. The student's attitude in reducing flood risk is also quite low as evidenced by playing during floods and the use of electronic during floods and the provision of equipment is minimal. Additional findings in this study is that there has been a study of flood disasters and how to overcome them, but not continued.

Keywords: Knowledge, Attitude, Flood Preparedness


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jtp2ips.v2i1.8804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License web
counter           

View JTP2IPS Statistic. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS by JTP2IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index.  Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index