PEMANFAATAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP KEBIJAKAN PUBLIK

Jossapat Hendra Prijanto

Abstract


Tujuan pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) hendaknya dipakai sebagai sarana meningkatkan nasionalisme, dan bentuk jiwa nasionalisme tersebut perlu diwujudkan dalam kepedulian terhadap kebijakan publik. Setiap warga negara Indonesia ikut berperan serta dalam meningkatkan kehidupan masyarakat adil, makmur dan sejahtera. Dalam perkuliahan PKn, peneliti menugaskan kepada para mahasiswa untuk membuat video LOC (Letter of Concern) yang di upload di YouTube. Aparat yang berwenang juga diharapkan dapat mengambil keputusan publik yang bijaksana. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur, yaitu mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Disinilah peran pembelajaran PPKn sebagai alat dalam pembentukan karakter, terutama meningkatkan kepedulian warga negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kata Kunci: Video LOC (Letter of Concern), pembelajaran PPKn, berfikir kritis, kebijakan publik

 

Abstract

The learning objectives of Pancasila and Citizenship should be used as a way in increasing nationalism, and that form of nationalism should be embodied in concerning of public policy. Every Indonesian citizen participates in increasing society’s life which is fair, peaceful, and prosperous in Pancasila and Citizenship subject, the researcher asks the students to make LOC (Letter of Concern) video which should be uploaded on YouTube. The authorities are also expected to be able in taking wise public decisions. This research method is using literature study that is finding theory reference which is relevant with a case or problems that is found. This is the role of Pancasila and Citizenship learning as a tool in character building, especially for increasing the concern of Indonesian citizens in society, nation, and state’s life.

Keywords: LOC (Letter of Concern) Video, Pancasila and Citizenship Learning, Critical Thinking, Public Policy


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jtp2ips.v2i1.8806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License web
counter           

View JTP2IPS Statistic. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS by JTP2IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index.  Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index