INTEGRASI ILMU SEJARAH DAN ILMU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SEJARAH MAHASISWA PENDIDIKAN IPS MELALUI EKSPLORASI SEJARAH LOKAL CANDI BADUT

Ulfi Andrian Sari, Rusli Rusli

Abstract


Di era globalisasi keahlian literasi penting dimiliki oleh mahasiswa. Ironisnya literasi di Indonesia sangat rendah. Pembelajaran sejarah diintegrasikan dengan geografi diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi sejarah mahasiswa PIPS. Kemapuan literasi sejarah dapat menjadikan mahasiswa memahami sejarah lokal yang ada di lingkungan sekitarnya dan memiliki sikap kritis terhadap lingkungan sejarah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V jurusan PIPS kelas A. Pengambilan data penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian berdasarkan indeks literasi sejarah. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, pertemuan pertama dan kedua pembelajaran dilakukan tanpa diintegrasikan dengan ilmu geografi. Hasilnya kemampuan literasi sejarah sampai pada tahap awal yaitu indeks memahami peristiwa dan narasi masa lalu. Pertemuan ketiga dan keempat pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan ilmu sejarah dengan ilmu geografi. Hasilnya perkembangan literasi sejarah mahasiswa menjadi sempurna meliputi 12 indeks yaitu memahami peristiwa, narasi, keterampilan penelitian, bahasa sejarah, konsep sejarah, pemahaman TIK, koneksi, perdebatan dan pertentangan, representasi ekspresi, penilaian moral, penerapan sains dan penjelasan sejarah. Kesimpulan dari penelitian ini pembelajaran sejarah diintergasikan dengan ilmu geografi mampu meningkatkan kemampuan literasi sejarah mahasiswa PIPS melalui eksplorasi sejarah lokal Candi Badut.

Katakunci: ilmu sejarah, ilmu geografi, literasi

 

Abstract


In the era of globalization critical literacy skills possessed by students. Ironically literacy in Indonesia is very low. Learning history is integrated with geography expected to improve the literacy history skills of students departement social studies. Traffic literacy can make students understand the history of local history in the surrounding environment and have a critical attitude towards historical environment. This study is a qualitative research. The study was conducted at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. The subjects were students of the fifth semester majoring departement social studies class A. Data collection research using observation sheets, interviews, documentation and assessment indexes based on historical literacy. Analysis of the data using the model of Miles and Huberman. Based on observations conducted by researchers, the first and second meetings of learning to do without integrated with geography. The result is the literacy skills at an early stage of history to understand the events that indexes and narrative of the past. The third and fourth meetings learning is done by integrating the science of history with geography. The result is the development of historical literacy students be perfect cover 12 index are to understand the events, narratives, research skills, language history, the concept of history, an understanding of ICT, connect, debate and disagreement, the representation of expression, moral judgment, the application of scientific and historical explanation. The conclusion of this study teaching history with geography diintergasikan able to improve the literacy skills of students PIPS history through exploration of local history Temple Clowns.

Keywords: history, geography, literacy

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jtp2ips.v1i2.8816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License web
counter           

View JTP2IPS Statistic. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS by JTP2IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index.  Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index