PENGARUH STRATEGI PENILAIAN K-13 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS-GEOGRAFI SISWA DI SMP NASIONAL DAN SMP BUDI MULIA PAKISAJI

Yuli Ifana Sari, Dwi Kurniawati

Abstract


Penilaian autentik menitikberatkan pada tiga aspek penilaian yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Sistem penilaian autentik yang terdapat dalam kurikulum 2013 telah sesuai dan mampu untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar. Oleh karena itu dengan penerapan kurikulum yang baik akan menghasilkan output hasil belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui: 1) Pengaruh yang signifikan antara strategi penilaian K-13 terhadap motivasi belajar siswa. 2) Pengaruh yang signifikanantara strategi penilaian K-13 terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kausal (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Nasional dan SMP Budi Mulia Pakisaji tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 268. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Proportional random sampling, bahwa sampel diambil  30% dari 268 siswa yaitu 86 siswa. Instrumen penelitiannya mengunakan angket, untuk memperoleh data yang baik dan benar, maka penggunaan instrumen harus diujicobakan terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) teknik angket dan (2) teknik dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakant-test. Adapun tingkat signifikasi yang digunakan yaitu 5%. Penghitungan analisis data menggunakan program SPSS. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa pada strategi penilaian K-13tidak berpengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar.

Katakunci: Motivasi, Hasil belajar, dan Penilaian K-13.

 

Abstrak

Authentic assessment focuses on three aspects of the assessment that is affective, cognitive and psychomotor. Authentic assessment system contained in the curriculum in 2013 were appropriate and were able to increase the result and motivation to learn. With the implementation good curriculum will either produce output learning results good also. The purpose of this research is to analize and know: 1) Significant influence of K13 assessment strategies to student learning motivation. 2) Significant influence of K13 assessment strategies to student learning outcomes. This research  is causal. The population in this study were all students of Class VIII SMP and SMP Budi Mulia National Pakisaji academic year 2015/2016, amounting to 268 students. Proportional random sampling, the samples taken 30% of the 268 students are 86 students. The research instrument using a questionnaire, to obtain good data and correct, the use of the instrument should be tested first. Data collection techniques used in this study is: (1) technical questionnaires and (2) technical documentation. Testing the hypothesis in this study using a t-test. Adapun significance level used is 5%. Calculation of data analysis using SPSS. The results of t test analysis showed that the K-13 assessment strategies did not affect significantly to the motivation and learning outcomes.

Keyword: Motivation, learning outcomes, and assessment of K-13.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jtp2ips.v1i2.8821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License web
counter           

View JTP2IPS Statistic. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS by JTP2IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index.  Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/index