PENTINGNYA PEMBELAJARAN MULTILITERASI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI KURIKULUM 2013

Esti Untari

Abstract


Abstrak: Penerapan kurikulum 2013 menekankan peningkatan dan keseimbangan soft skill dan hard skill. Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai calon pendidik generasi penerus harus memiliki kemampuan individual untuk mengkombinasikan dan mengkoordinasikan kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam belajar. Pembelajaran multiliterasi merupakan pembelajaran yang dikembangkan dengan berbasis kerja ilmiah. Pembelajaran ini bertujuan untuk membentuk siswa yang siap dari berbagai segi dalam menjalani kehidupan baik di sekolah, tempat kerja dan masyarakat.Pembelajaran Multiliterasi perlu diterapkan untuk mahasiswa PGSD sehingga mahasiswa memiliki keterampilan untuk dapat melaksanakan pembelajaran dalam menerapkan kurikulum 2013 dengan baik.

Kata Kunci: kurikulum 2013, pembelajaran mulitiliterasi, mahasiswa PGSD


Full Text:

PDF

References


Abdul latip dan Anna Permanasari. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Bandung: Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015

Beniati Lestyarini. 2011. Asesmen Autentik Dan Relevansinya Di Era Multiliterasi. Makalah Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. SMP/Mts, &SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kemendikbud.2014. Permendikbud No. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kemendikbud : Jakarta

_________________. Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah . Jakarta : Kemendikbud

Mahdiansyah dan Rahmawati. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah:Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jakarta : Balitbang Kemendikbud

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sukmadinata,Nana Syaodih. 1997. Pengembangan Kurikulum:Teori Dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yunus Abidin, Tita Mulyati dan Hana Yunansah. 2015. Pembelajaran Literasi. Bandung: Rizqi Press

Yunus Abidin, dkk. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT. Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.