ANALISIS PERTANYAAN BACAAN BUKU SISWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Afrilia Yuningtiyas,, Suhel Madyono

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsi tingkat pertanyaan bacaan, jumlah pertanyaan tertinggi dan terendah dalam buku siswa tema mengenal olahraga dan permainan tradisional kelas III SD berdasarkan Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen lembar perekam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 68 pertanyaan bacaan yang tersebar tidak merata. Jumlah tingkat pertanyaan tertinggi adalah kategori C2/memahami dan terendah adalah kategori C5/menilai. Hal ini menunjukkan kategori Taksonomi Bloom lainnya kurang mampu menunjang pertanyaan bacaan dalam buku tersebut.

Kata Kunci: pertanyaan bacaan, buku siswa


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Basuki, Ismet & Hariyanto. 2015. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, Kusuma Sari dkk. 2015. Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional. . Jakarta: Kemdikbud.

Permendikbud RI No. 8 Tahun 2016 tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan. (online), (http://www.dadangjsn.com/2016/07/permendikbud-nomor-8-tahun-2016-tentang.html), diakses 8 Maret 2017.

Permendikbud RI No. 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah . (online), (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud71-2013BukuTeksPelajaran-BukuPanduan Guru.pdf), diakses 22 November 2016.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.