Perbedaan Penguasaan Matematika Dasar Siswa Berbagai Jurusan Sekolah Teknik Menengah di Kodya Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan penguasaan matematika dasar yang meliputi aljabar, aritmatika, trigonometri, & geometri serta penguasaan materi tersebut. Sasaran pada STM yang mempunyai 4 jurusan, yaitu: Jurusan Bangunan Gedung, Jurusan Mesin, Jurusan Elektro, & Jurusan Elektronika. Jumlah responden 200 siswa di kelas 2 yang telah mengikuti/mempelajari matematika dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan aljabar diantara Jurusan Bangunan Gedung, Jurusan Mesin, Jurusan Elektro, & Jurusan Elektronika; (2) Terdapat perbedaan signifikan penguasaan aritmetika, trigonometri, & geometri diantara Jurusan Bangunan Gedung, Jurusan Mesin, Jurusan Elektro, & Jurusan Elektronika; & (3) Rata-rata siswa STM belum menguasai matematika dasar (kurang dari 53%).